Inilah Cara Pertolongan Pertama Pada 3 Kejadian, Penting Banget!

MANAberita.com — SEBAGAI manusia, kita pasti tidak mengharapkan bakal tertimpa musibah, ataupun ada orang lain di sekitar kita yang tertimpa musibah, entah itu tersandung saat sedang berjalan, terpercik minyak panas, ataupun tersedak saat memakan sesuatu. Tetapi yang namanya musibah, meski dia tidak diinginkan ya bisa aja bakal datang sewaktu-waktu.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk tahu bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada kasus-kasus yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Kasus-kasus tersebut adalah berdarah, tersedak, sampai kulit terbakar atau melepuh.

Lalu seperti apa pertolongan pertama yang harus kita berikan apabila kita atau ada orang lain yang mengalami 3 hal tersebut? Coba baca saran berikut

Luka berdarah

Ketika ada seseorang yang terluka dan berdarah, hal paling penting yang harus dilakukan adalah menghentikan pendarahannya dengan segera. Kamu bisa menggunakan perban atau kain pembalut yang bersih untuk mencegah infeksi pada luka. Kalau ada benda asing di lukanya, jangan buru-buru dikeluarkan, karena bisa-bisa malah menyebabkan orang tersebut kehilangan darah. Tekan perlahan-lahan dari kedua sisi dan pastikan benda tersebut nggak malah masuk semakin dalam. Kalau memang lukanya terlalu parah, jangan panik dan langsung hubungi petugas medis.
Tersedak

Pernah baca berita ada orang yang meninggal karena tersedak? Memang nggak sering, tapi bisa terjadi apabila tidak segera ditangani gara-gara pasokan oksigen tersumbat dan membuat orang tersebut tidak bisa bernafas. Untuk anak kecil usia satu tahun ke atas atau orang dewasa, pukul pada area di antara tulang belikat dengan menggunakan tumit tanganmu. Setiap melakukan ini, periksa mulutnya apakah benda yang bikin tersedak sudah bisa dikeluarkan dengan tangan. Awas! Lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai orang tersebut muntah karena malah bikin tambah runyam. Kalau misal setelah 5 kali pukulan tetap nggak bisa, lakukan seperti pada gambar di bawah ini.

via saintlukeshealthsystem.org
Apabila setelah melakukan teknik yang dinamakan abdominal thrusts ini sebanyak lima kali tapi tetap nggak ngaruh, langsung hubungi medis dan coba lakukan abdominal thrusts terus-menerus sembari menunggu pertolongan. Untuk ibu hamil atau penderita obesitas, letakkan tangan di bagian dada, jangan di perut!

Apabila korban berumur di bawah satu tahun, lakukan secara bergantian 5 kali pukulan di punggung dan 5 kali dorongan di dada.
Kulit terbakar atau melepuh

Baca Juga
Ingin Punya Anak Kembar? Perhatikan 5 Faktor ini, Termasuk Karena Makan Steak!
Cara Makeup yang Membuat Pori-Pori Membesar
Hilangkan Kantung Mata Dengan Cara Sederhana dan Mudah ini

Apabila ada yang terkena luka bakar atau kulit yang melepuh, langsung siram dengan air dingin minimal selama 10 menit. Kamu juga bisa mengangkat bagian tubuh yang terkena untuk mengurangi pembengkakan. Apabila lukanya terlalu parah atau terlalu luas, langsung hubungi petugas medis. Sambil nunggu, kamu bisa membalut area yang terkena luka dengan plastic wrap. Dengan begitu, lukanya akan tetap steril dan dapat membantu meringankan rasa sakit pada korban.

 

(Sumber: Selipan)