Mata berair

MANAberita.com — AIR mata berfungsi untuk melindungi mata dan juga melindungi benda asing untuk masuk ke mata. Maka dari itu, tidak mengherankan apabila mata akan langsung berair saat mata kelilipan atau terdapat benda asing yang masuk. Meskipun terbilang wajar, namun akan membahayakan jika mata memproduksi terlalu banyak air mata loh.

Apalagi jika mata berair yang disertai dengan berbagai keluhan seperti perubahan pandangan, rasa sakit, perasaan mengganjal di mata ataupun benjolan. Ada baiknya untuk memeriksakannya ke dokter. Lantas apa saja sih penyebab mata sering berair? Berikut ulasan lengkapnya yang harus Anda ketahui.

Berikut adalah penyebab mata sering berair yang perlu Anda tahu, antara lain:

1. Alergi
Jika Anda mengalami alergi, entah terhadap asap, tungau, debu atau bulu binatang tentunya akan menyebabkan mata berair bukan? Hal tersebut memang wajar, karena mata berair biasanya disebabkan oleh alergi yang disertai pula dengan gejala lain seperti kulit mengalami ruam merah, bersin-bersin, hingga hidung tersumbat.

Solusinya sangat mudah, yaitu cukup gunakan obat tetes mata secara rutin hingga mata berair mulai berkurang.

2. Mata Kering

Penyebab mata sering berair selanjutnya adalah karena mata kering. Hal tersebut merupakan respon tubuh yang mendeteksi bahwa mata Anda terlalu kering, sehingga menyebabkan kelenjar air mata memproduksi air mata secara berlebihan untuk melindungi mata dari iritasi. Penyebabnya bisa jadi karena efek samping obat, menatap layar terlalu lama ataupun pemakaian kosmetik.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat tetes mata, memperbanyak asupan air minum, dan jangan lupa untuk mengonsultasikannya ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

3. Saluran Air Mata Tersumbat
Saluran air mata tersumbat merupakan salah satu penyebab mata sering berair. Hal ini karena air mata yang tersumbat dan menumpuk berlebihan akan menyebabkan mata berair. Biasanya terjadi karena cedera pada area mata, infeksi ataupun peradangan. Maka dari itu, konsultasikan lebih lanjut pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Masalah Pada Kornea
Kornea merupakan bagian lapisan bening yang ada pada luar mata, serta menjadi sebuah garis pertahanan pertama dalam menghalau kuman ataupun kotoran yang akan masuk ke dalam mata. Maka dari itu, setiap benda asing seperti kotoran atau debu yang mengganggu kornea akan menyebabkan mata berair. Kondisi tersebut bahkan akan menyebabkan mata menjadi sakit, serta kemerahan. Jika kondisi tersebut semakin memburuk, ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Infeksi
Penyebab mata sering berair selanjutnya adalah karena adanya infeksi, dimana hal tersebut disebabkan oleh bakteri. Untuk mengatasinya, coba konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan obat yang tepat. Jangan coba-coba menggunakan obat sembarangan karena hal tersebut bisa jadi membuat mata anda mengalami masalah yang lebih parah.

Baca Juga
Tak Hanya Bayam, 5 Makanan ini Juga Pantang Dipanaskan
Ngeri! Inilah Detik-Detik Serda Darma Aji Dikeroyok Rekannya Di Tempat Billiard
Terungkap! Gebby Vesta Ternyata Seorang Laki-Laki, ini Buktinya

6. Masalah Pada Kelopak Mata
Permasalahan pada kelopak mata seperti ektopion atau entropion memang menjadi sebab utama mengapa mata sering berair. Hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan obat tetes mata. Usahakan pula untuk mengonsultasikan ke dokter mengenai pengobatan dan juga terapi yang tepat untuk mengatasi permasalahan pada kelopak mata yang menyebabkan mata sering berair tersebut.

Itulah informasi mengenai penyebab mata sering berair yang perlu Anda tahu. Jika belum sempat pergi ke dokter, usahakan untuk menggunakan obat tetes mata agar tidak semakin parah, serta jangan gosok mata agar tidak menyebabkan iritasi.

(Sumber: Chayo)