Ilustrasi bertengkar

MANAberita.com — SEMUA pasangan pasti pernah bertengkar. Entah karena selisih paham atau karena hal lainnya. Bertengkar dengan pasangan memang hal yang biasa. Namun, jangan sampai Anda berkata yang menyakiti hati pasangan saat bertengkar. Hal ini hanya akan memperburuk suasana dan berdampak buruk pada hubungan asmara Anda. Berikut ini kalimat yang harus dihindari saat bertengkar dengan pasangan.

1. “Terserah, tidak apa-apa”

“Terserah, gak apa-apa kok”, kalimat ini bukan membuat pasangan Anda berhenti bertengkar atau melunakkan hati pasangan Anda, tapi justru akan meningkatkan emosinya.

Kalimat tersebut terkesan seperti Anda sudah malas dengan semua pertengkaran ini dan memilih untuk tidak peduli saja. Jika Anda melontarkan kalimat ini, pasangan juga menganggap bahwa Anda seperti tidak ingin lagi membahas masalah yang sedang dihadapi dan menghindarinya.

2. “Kamu tidak pernah …” atau “Kamu selalu …”

Kalimat-kalimat ini biasanya dilebih-lebihkan dan sering memicu emosi pasangan ketika dilontarkan. Pernyataan ini juga sering tidak akurat. Misalnya “Kamu gak pernah dengerin aku” atau “Kamu selalu begitu lagi, gak pernah berubah”.

Kalimat-kalimat semacam itu dapat membuat pasangan Anda menjadi defensif. Akibatnya, mereka mungkin akan kehilangan pesan yang sebenarnya dari apa yang akan Anda coba katakan.

3. “Sudah! Kita sampai sini saja!”

Hindari mengatakan hal-hal yang akan Anda sesali nanti. Kalimat tersebut seperti ancaman yang sering nantinya membuat Anda menyesal.

Ancaman itu seperti kata-kata penghancur kepercayaan yang menyakitkan. Sayangnya, Anda tidak akan pernah bisa mengambilnya kembali ketika sudah terjadi. Daripada berkata seperti itu, sebaiknya berikan waktu sejenak untuk menenangkan diri dan emosi Anda dan pasangan.

4. “Kamu itu benar-benar seperti …”

Menyebut pasangan Anda dengan kata yang tidak semestinya atau merendahkan pasangan Anda bukanlah kalimat yang baik. Ini akan semakin membuat pasangan Anda marah dan merasa sangat tersakiti.

Kalimat hinaan sering digunakan sebagai cara untuk mengungkapkan kemarahan dan membuat orang lain merasa buruk. Akan tetapi, ini tidak akan memberikan resolusi konflik apa pun.

Baca Juga
Potong Rambut Tapi Kependekan? Lakukan Hal ini Untuk Mempercepat Penumbuhan Rambut
Pura-Pura Bahagia Ternyata Berbahaya! Ini Penjelasannya
Tega! Kontainer Pengangkut Bir Terbalik dan Nyaris Tewaskan Pengemudi, Warga Justru Sibuk Jarah Barangnya

5. “Tapi …”

Kata ini sering untuk memotong pendapat pasangan Anda. Kebanyakan orang tidak suka dengan apa yang mereka katakan dihapus atau diberhentikan atau direndahkan.

Bertengkar dengan pasangan adalah hal biasa dalam hubungan asmara. Namun, jangan memperkeruh suasana dengan perkataan yang menyakitkan. (Zee)