Ilustrasi

MANAberita.com — ALQURAN adalah kitab suci yang diturunkan sebagai petunjuk bagi kehidupan manusia. Tak hanya berisi soal ibadah ritual, Alquran juga berisi petunjuk bagi kita untuk menghadapi berbagai permasalahan dalam berbagai aspek kehidupan.

Sebagai manusia, kita pun akan selalu ditimpa berbagai permasalahan setiap waktunya. Berikut adalah ayat-ayat Alquran yang bisa menjadi inspirasimu untuk menghadapi permasalahan tersebut.
1. Sabar adalah kunci dari setiap permasalahan

“Dan kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang yang sabar. (Q.S. Al-Baqarah: 155)”

Sabar bukan berarti diam, tetapi juga diikuti oleh tindakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dan yakinlah setelah sabar itu pasti muncul banyak kebaikan bagimu.
2. Kamu pasti bisa melalui setiap masalah yang dihadapi

“Allah tidak membebankan seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. (Al- Baqarah: 286)”

Allah itu maha penyayang dan pengasih. Dia tak akan menurunkan berbagai permasalahan kepadamu, kecuali disesuaikan dengan kesanggupanmu. Maka tugas kita adalah tidak menyerah begitu saja dengan masalah yang sedang dihadapi.
3. Selalu ada kemudahan di balik setiap masalah

“Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan (Al- Insyirah: 6)”

Bahkan ayat ini diulang hingga dua kali, yang artinya bahwa di balik setiap permasalahan itu selalu diikuti oleh solusinya. Tak hanya satu, namun banyak jalannya.
4. Jangan khawatir tentang jodoh, kamu akan dipertemukan dengan yang terbaik

“Sedangkan perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik pula. (An-Nuur: 26)”

Saat permasalahan jodoh pun, Alquran memberikan keyakinan bahwa setiap manusia itu telah diberikan jodohnya, dan disesuaikan dengan dirinya sendiri. Apabila baik, maka dia pun akan mendapatkan pasangan yang baik.
5. Di balik setiap masalah selalu tersimpan banyak kebaikan

“Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu. Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui sesuatu. (Al-Baqarah: 216)”

Sebagai manusia terkadang kita tak memahami jalan yang Tuhan berikan dalam hidup ini. Namun satu hal yang harus kita pahami adalah Allah tahu yang terbaik bagi kita.
6. Bersyukurlah

“Maka nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan? (Ar-Rahman: 13)”

Meskipun kita sedang berada dalam kesulitan, selalu ada hal yang bisa untuk kita syukuri dalam hidup ini, sekecil apapun. Syukurilah itu karena di sana kamu akan menemukan kebahagiaan dan ketenangan.
7. Berdoalah, maka Allah akan mengabulkan setiap permintaan

“Apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu (Wahai Muhammad) tentang Diriku, maka jawablah, bahwa Aku ini dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu, maka hendaknya mereka itu memenuhi perintahKu dan hendaklah mereka yakin kepadaKu, agar mereka selalu berada dalam kebenaran (Al-Baqarah: 186)”

Allah maha kaya dan maha mengabulkan setiap permintaan. Doa adalah senjata terampuh di kala kita dirundung berbagai permasalahan. Dan kunci yang menjadi terkabulnya doa adalah keyakinan kita kepada Allah.
8. Jangan terlalu berharap kepada manusia

“Dan hanya kepada Tuhanmulah (Allah SWT), hendaknya kamu berharap. (Al-Insyirah: 8)”

Terkadang berharap adalah sumber kekecewaan dalam hidup kita. Namun beda ceritanya jika harapan kita seutuhnya kepada Allah. Meskipun dirundung berbagai masalah, kita akan tetap memiliki jalan dan kekuatan untuk menyelesaikannya.
9. Janganlah bersedih, Allah bersamamu

“Janganlah kamu berduka cita, Sesungguhnya Allah selalu bersama kita (At-Taubah: 40)”

Hal ini bukan berarti kamu dilarang bersedih. Namun bersedihlah secukupnya. Jangan biarkan kesedihanmu menghancurkan hidupmu. Yakinlah bahwa kamu masih punya Tuhan dalam kondisi apapun.
10. Perubahan itu sesuai dengan kerja kerasmu

Baca Juga
Mau Berdamai, Dewi Perssik Ajukan Syarat Ini pada Meldi
Jatuh Dari Perosotan, Dahi Batita ini Bolong Hingga Tulang Tengkorak Kelihatan
Didiskualifikasi Karena Sewa PSK Saat Asian Games, Atlet Jepang Mengaku Bayar Segini Untuk ‘Main’

“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri (Ar-Rad:11)”

Untuk keluar dari setiap permasalahan, kamu tak hanya bisa diam saja. Allah akan merubah keadaan mu tergantung dari seberapa besar usahamu untuk berubah.

Itulah beberapa ayat yang bisa menjadi inspirasi di kala kita terhimpit masalah. Dijamin akan membuat hati tenang. (Dil)
(Sumber: IDNtimes)