Mengaplikasikan foundation

MANAberita.com — FOUNDATION yang mampu menyamarkan semua ketidaksempurnaan dan memberikan tampilan halus adalah kunci makeup yang terlihat natural. Namun ketika foundation mulai terlihat cakey atau menggumpal, penampilanmu mulai terlihat nggak natural. Malah, bisa memberikanmu kesan lebih tua atau menojolkan garis-garis halus yang seharusnya tertutupi dengan baik.

Rasanya ingin menghapus makeup ketika foundation sudah terlihat cakey, bahkan nggak menyatu dengan kulit. Namun jangan khawatir! Melansir dari Self, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kemungkinan terburuk ini, dan makeup dapat terlihat natural sepanjang hari.
1. Mulai dengan eksfoliasi wajah

Kunci makeup yang halus dimulai dari rutinitas skincare yang baik. Karena ketika kulit terlihat sehat maka hasil riasan yang juga akan tapak mulus. Coba selipkan langkah eksfoliasi wajah sebelum menggunakan produk perawatan wajah lainnya. Eksfoliasi jenis apapun dapat membantu mengangkat sel kulit mati, menjadikan permukaan kulit lebih cerah dan lebih halus. Dengan begitu, akan membuat foundation lebih menyatu dengan kulit.
2. Memakai pelembap sebelum makeup

Selalu pakai pelembap sebelum memakai makeup. Akan lebih baik lagi jika produk yang kamu pakai sesuai dengan kebutuhan kulit. Ini akan melengkapi base makeup yang sempurna! Kalau foundation-mu sering terlihat kering, kamu dapat mencoba produk yang lebih melembapkan, seperti krim dengan konsistensi yang agak tebal atau face oil. Namun jika kulitmu berminyak, pilih pelembap yang ringan dan cepat meresap.
3. Mengaplikasikan pelembap di atas foundation

Kalau foundation masih terlihat cakey meski sudah melakukan eksfoliasi dan mengenakan pelembap sebelumnya, kamu dapat mengatasinya dengan mengaplikasikan sedikit pelembap di atas foundation-mu. Ambil sedikit produk menggunakan cotton bud atau kuas buffing kecil, lalu tepuk dengan pelan pelembap itu pada bagian yang kering untuk menghaluskan riasanmu.
4. Pilih foundation cair

“Salah satu cara termudah untuk mendapatkan tampilan makeup yang natural adalah menggunakan foundation cair daripada tipe krim atau powder,” ujar Makeup Artist selebritas, Joey Camasta. Sebab, foundation cair lebih mudah diaplikasikan, masih terlihat natural meski mengaplikasikan berulang kali, serta hasilnya menyerupai kulit aslimu.
5. Mengaplikasikan dengan spons basah

Para penata rias setuju kalau menggunakan spons basah adalah cara terbaik untuk mengurangi kemungkinan foundation menjadi cakey. Peralatan makeup ini juga dapat meratakan produk lebih cepat dan membaurkannya lebih baik. Namun, kunci menggunakan spons basah ini adalah memastikan nggak ada lagi air yang menetes dari alat itu. Juga, basahi spons dengan air hangat dan peras menggunakan tisu.
6. Aplikasikan foundation dari lapisan yang tipis

Baca Juga
Cewek Harus Tahu, Ternyata Begini Cara Mencuci Bra yang Baik dan Benar
Intip Cara Makeup Kylie Jenner yang Stunning Abis!
Terungkap! Gadis Operasi Plastik Mirip Angelina Jolie Ternyata Palsu

Tentu kamu ingin daya tutup yang maksimal, namun mengaplikasikan foundation sekali dalam jumlah yang banyak atau tebal membuat tampilan riasan lebih mudah menjadi cakey. Daripada seperti itu, aplikasikan foundation secara tipis-tipis dan ulangi pemakaian ketika merasa ada bagian yang kurang tersamarkan. Cara ini mengurangi kemungkinan foundation menjadi retak atau pecah, juga memastikan kalau produk memiliki waktu untuk menyatu dengan kulit.
7. Gunakan face oil sebelum foundation untuk kilau natural

Daripada mengaplikasikan highlighter di atas foundation, coba menggunakan face oil atau illuminator cair pada bagian wajah yang ingin ditonjolkan sebelum mengaplikasikan foundation. Ini akan membuat kesan kilau yang lebih natural, seakan kulitmu memang nampak bercahaya alami.
8. Less is more

Jika bicara mengenai foundation yang terlihat natural, kebanyakan MUA akan menyarankan satu hal: less is more. Lebih mudah untuk menambah daya coverage ketimbang menghapus yang telah kamu aplikasikan pada wajah. Jadi, hindari penggunaan foundation yang terlalu banyak. (Dil)
(Sumber: Popbela)