Cara Mudah Putihkan Tangan dan Kaki, Ampuh Banget!

MANAberita.com — SAAT ini banyak orang yang ingin memiliki kulit tangan dan kaki yang putih. Berbagai macam cara memutihkan tangan dan kaki dilakukan, salah satunya adalah penggunaan produk pemutih yang beredar di pasaran.

Perlu diketahui, cara memutihkan tangan dan kaki dengan menggunakan bahan kimia sebaiknya tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika digunakan dalam jangka panjang, hal itu akan membuat kulit Anda menjadi rusak.

Oleh karena itu, akan lebih baik Anda menggunakan cara memutihkan kulit tangan dan kaki secara alami. Dengan menggunakan bahan alami, tentu akan membuat kulit Anda menjadi sehat dan indah. Berikut adalah 7 cara memutihkan tangan dan kaki, antara lain:

  • Campuran wortel dan body lotion

Selain sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, sayuran ini juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Caranya, parut wortel kemudian beri sedikit body lotion. Gabungkan kedua bahan tersebut, kemudian aduk hingga merata. Sesudah kedua bahan tersebut tercampur, balurkan ke kulit tangan dan kaki dan diamkan beberapa menit.

  • Beras dan minyak zaitun

Selain dapat dikonsumsi sebagai makanan pokok, ternyata beras memiliki manfaat lain, salah satunya adalah sebagai bahan alami untuk memutihkan kulit. Caranya, campurkan beras dan sedikit minyak zaitun. Campuran keduan baha ini dipercaya membuat kulit tangan dan kaki Anda nampak lebih putih.

Namun sebelum mencampurkannya dengan minyak zaitun, beras harus ditumbuk terlebih dahulu sampai halus. Disamping bisa memutihkan kulit, ada manfaat lainnya lagi, beras dan minyak zaitun itu juga bisa mencegah keriput dan menghaluskan kulit.

  • Madu, pisang, dan gula

Cara memutihkan tangan dan kaki lainnya adalah dengan menggunakan madu. Lantas bagaimana dengan pisang dan gula? Pertama-tama, ambilah 4 sendok makan madu asli, 4 sendok gula pasir, dan 1 buah pisang. Campurkan ketiga bahan tersebut dan aduk hingga merata. Usapkan pada area kulit yang diinginkan hingga merata, setelah merata diamkan selama beberapa menit dan bersihkan.

  • Lemon

Oleskan lemon atau jus jeruk pada kulit tangan dan kaki dengan kapas sebelum tidur. Diamkan cairan ini selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas hingga bersih. Perlu menjadi perhatian khusus bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dalam menggunakan bahan ini.

  • Kentang

Kentang mengandung enzim cathecolasedan banyak mengandung pati. Kedua bahan ini dipercaya mampu mencerahkan kulit. Untuk menggunakan kentang sebagai cara memutihkan tangan dan kaki, Anda bisa memotong kentang tipis-tipis dan menempelkannya pada tangan dan kaki.

  • Yoghurt

Salah satu bahan makanan yang bisa digunakan sebagai cara memutihkan tangan dan kaki adalah yoghurt. Produk olahan susu ini baik digunakan untuk memutihkan kulit karena mengandung asam laktat alias alfa hidroksi. Ini merupakan asam alami yang ada dalam bahan makanan.

Kulit kering, bersisik, atau gelap bisa dihilangkan oleh senyawa ini dengan cara memicu pengelupasan kulit mati. Gunakan saja yoghurt di area kulit yang diinginkan kemudian biarkan selama 10 menit kemudian bilas.

  • Kunyit

Cara memutihkan kulit tangan yang bisa Anda coba adalah kunyit. Kunyit adalah bumbu dapur yang dipercaya memiliki berbagai khasiat untuk kulit. Tidak hanya mencerahkan, kunyit juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan menangani masalah kulit akibat psoriasis.

Caranya, Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan yoghurt dan madu. Oleskan pada kulit tangan dan kaki, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Coba lakukan prosedur tersebut setiap hari.

Pemutih Kulit dan Bahayanya

Pada dasarnya, pemutih kulit bekerja dengan mengurangi pigmen bernama melanin pada kulit. Selain digunakan untuk memutihkan kulit, sebagian orang menggunakan produk pemutih untuk menangani bekas bintik-bintik pada kulit, jerawat, serta kulit belang.

Metode pemutihan kulit ini umumnya terdiri dari beragam teknik seperti perawatan laser, krim pemutih kulit, ataupun peeling kimia. Laser bekerja dengan mengangkat lapisan luar atau sel kulit rusak yang memproduksi melanin. Krim anestesi mungkin diperlukan karena prosedur pemutihan kulit ini dapat menimbulkan sensasi rasa seperti tersengat atau tercubit.

Meski krim pemutih banyak digunakan sebagai cara memutihkan kulit tangan dan kaki, sayangnya produk pemutih ini mengandung risiko tertentu, terutama jika tidak digunakan sesuai aturan pakai.

Baca Juga
Kenali Tanda Anda Susah Menjadi Orang Kaya
Daripada Jadi Korban, Kenali Tanda Pria Matre, Pacarmu Termasuk?
Wow! Manfaat Lain Dari Garam ini Bikin Kamu Tercengang, Mulai Untuk Kecantikan Hingga Bersihkan Ketombe

Hal lain yang perlu menjadi perhatian serius adalah pastikan produk pemutih kulit tersebut sudah diperiksan oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) agar terjamin keamanannya. Produk pemutih yang tidak aman (mengandung bahan berbahaya seperti merkuri) dapat menyebabkan komplikasi serius yang mengganggu kesehatan.

Pada dasarnya, warna kulit seseorang ditentukan oleh jumlah melanin pada kulit. Mereka yang berkulit gelap memiliki lebih banyak banyak melanin, yaitu pigmen yang diproduksi melanosit.

Kadar melanin pada tiap orang diturunkan secara genetis. Selain itu, produksi melanin juga dipengaruhi hormon, paparan sinar matahari, paparan bahan kimia dan kerusakan kulit