Ilustrasi

MANAberita.com — SEKARANG banyak orang yang menciptakan kebohongan demi sebuah tujuan tertentu. Bahkan kebohongan orangg-orang berpengaruh dapat membuat keributan.

Agar tidak terjebak dalam kebohongan yang diciptakan oleh orang lain, sebaiknya Anda harus mulai mengenali tanda-tanda orang yang sedang berbohong.

Tidak sulit ternyata mendeteksi orang disekitar kita berbohong atau tidak, karena jika orang sudah berbohong pasti mereka akan menutupinya dengan kebohongan-kebohongan lain.

Satu kebohongan bisa berakibat fatal, karena bisa menciptakan kebohongan berantai, oleh karena itu jangan sekali-kali Anda berbohong kepada orang.

Berikut ini beberapa cara mudah mendeteksi orang disekitar kita apakah mereka sedang berbohong atau tidak seperti dilansir dari mediajabar.com melalui Independent.

1. Mata Melirik Bolak-Balik

Mata bisa menjadi salah satu bagian tubuh dari manusia yang bisa memperlihatkan seseorang sedang berbohong atau tidak.

Dalam beberapa kasus, mata bsa menunjukan reaksi tidak nyaman seseorang. Mata bisa memberi jawaban jika mereka sedang terjebak dalam sebuah pertanyaan.

Biasanya mata melirik bolak-bolak sering dilakukan orang yang berbohong, karena mereka harus mencari jalan keluar ketika merasa berada dalam situasi yang berbahaya.

2. Mata Berkedip Cepat

Kedipan mata orang yang berbohong memang sedikit tidak normal. Kedipan normal bisa berkedip kurang dari enam kali dalam semenit, namun jika mereka berbohong akan lebih dari itu atau bisa setiap 10 atau 12 detik berkedip.

Kecuali pada seseorang yang memiliki produksi dopamin lebih atau seseorang yang memiliki penyakit parkinson, maka mereka akan memiliki tingkat kedip jauh lebih banyak dari orang-orang pada umumnya. Sementara itu, bagi penderita skizofrenia akan berkedip lebih cepat dari biasanya.

3. Menutup Mata Selama Lebih dari Satu Detik Pada Satu Waktu

Ketika seseorang menutup matanya selama satu atau dua detik, ini kemungkinan besar menunjukkan dia sedang berbohong, karena sikap tersebut merupakan jenis mekanisme pertahanan.

Bisa disebutkan bahwa orang normal itu biasanya berkedip pada kecepatan 100 hingga 400 milidetik atau 0,10 hingga 0,40 detik.

4. Mata Melihat ke Kanan

Baca Juga
Awas! Inilah Tanda-Tanda Istri Anda Selingkuh!
Inilah 5 Alasan Kenapa Cowok Lebih Suka Cewek Tanpa Makeup
Ingin Bahagia! Yuk Pelajari 5 Tips Hidup Bahagia Menurut Islam

Ketika Anda berbicara pada seseorang maka ia akan melihat Anda, atau jika orang tersebut melihat ke atas dan ke kiri artinya ia sedang mengingat kejadian.

Akan tetapi, ketika orang yang Anda ajak bicara justru melihat ke atas dan ke kanan bisa jadi ia sedang mengakses imajinasinya dan ketika menemukan jawabannya, ia akan segera menjawab.

Perlu diingat juga, orang kidal biasanya memiliki reaksi ini sebalik dengan orang yang tidak kidal. Sementara beberapa orang akan menatap lurus ke depan saat mencoba mengingat ingatan visual. (Alz)