usus kotor

MANAberita.com — BENARKAH usus bisa kotor dan adakah cara membersihkan usus? Usus adalah salah satu organ yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, terutama pada bagian sistem percernaan. Jika berbicara tentang usus yang kotor, jawabannya tentu saja benar bahwa usus juga bisa kotor. Kondisi usus yang kotor ini bisa memicu berbagai masalah tubuh yang terkait dengan sistem pencernaan.

Jadi, bagaimana cara mengenali usus yang kotor? Apakah usus yang kotor harus segera dibersihkan? Bagaimana cara membersihkan usus yang benar? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Ciri Usus Kotor

Sebelum mengetahui cara membersihkan usus, Anda pelu mengetahui terlebih dulu bagaimana cara mengenali usus yang kotor. Pada dasarnya usus kotor ditandai dengan kondisi tubuh tertentu. Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa mengidikasikan usus Anda kotor dan sudah perlu untuk dibersihkan!

1. Konstipasi

Kondisi pertama yang bisa menjadi tanda usus kotor adalah konstipasi atau sembelit. Sulit buang air besar menadakan banyaknya sisa-sia makanan yang ada di dalam usus. Jika dibiarkan, masalah sembelit bisa memicu berbagai masalah lainnya seperti wasir.

2. Bau mulut

Ciri usus kotor selanjutnya adalah bau mulut. Kondisi usus yang kotor akibat berbagai sisa makanan bisa menghaslkan gas dalam perut. Gas tersebut berbau tidak sedap dan naik ke atas sehingga menyebabkan bau mulut. Kondisi ini tentunya dapat mengganggu Anda dan orang-orang yang ada di sekitar Anda.

3. Sistem kekebalan menurun

Saluran pencernaan memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh, termasuk dalam hal menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika usus kotor hingga menyebabkan infeksi tertentu akibat jamur atau bakteri, maka tubuh juga bisa merasakan efeknya. Infeksi pada saluran pencernaan tidak hanya dapat menyebabkan nyeri perut, tapi bisa juga menjalar ke hampir seluruh bagian tubuh.

Jika sudah terjadi infeksi, imunitas Anda juga bisa menurun dan jadi leih rentan terhadap infeksi lainnya. Kondisi tubuh juga menurun dan Anda menjadi lebih mudah lelah.

Cara Membersihkan Usus

Jika Anda mengalami satu atau lebih ciri usus kotor di atas, Anda harus mulai mencari cara membersihkan usus. Sebenarnya cara membersihkan usus tidaklah sulit, bisa dilakukan dengan menggunakan cara alami atau dengan langkah medis. Berikut adalah 5 cara membersihkan usus yang bisa Anda coba!

1. Air

Cara membersihkan usus yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi banyak cairan. Usus yang kotor bisa menjadi bersih jika usus terhidrasi dengan baik. Konsumsi cairan yang cukup juga diketahui dapat mengatasi gejala konstipasi. Pada dasarnya cairan yang dikonsumsi bisa berbentuk apa saja, mulai dari air putih, jus, hingga teh.

Tentunya diutamakan untuk mengonsumsi cairan atau minuman yang tidak mengandung gula. Air putih adalah pilihan terbaik dan harus dipenuhi kebutuhan hariannya. Kebutuhan air putih setiap orang sebenarnya berbeda-beda, tetapi anjuran konsumsi air putih yang disarankan adalah paling tidak 8 gelas per hari.

2. Makanan dengan serat tinggi

Cara membersihkan usus yang kedua adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Salah satu alasan paling utama penyebab sembelit adalah kekurangan serat. Hal ini disebabkan karena kita kurang memerhatikan kandungan dalam makanan yang kita konsumsi.

Makan secara sembarangan tidak hanya akan membuat Anda kekurangan serat tetapi juga memungkinkan Anda kekurangan nutrisi lainnya. Sebagai langkah untuk membersihkan usus, mulailah perhatikan serat tidak larut dalam asupan serat harian Anda. Serat tidak larut dapat berperan sebagai pencahar alami yang mampu untuk menambah massa feses dan mempercepat proses pergerakan makanan dalam saluran pencernaan.

Hasilnya sembelit teratasi dan usus Anda pun menjadi lebih bersih. Contoh makanan dengan serat tinggi adalah seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang merah dan kacang hijau, dan masih banyak lagi.

3. Makanan hasil fermentasi

Cara membersihkan usus selanjutnya adalah dengan konsumsi makanan atau minuman hasil fermentasi. Makanan dan minuman hasil fermentasi umumnya mengandung probiotik yang merupakan bakteri yang sangat penting untuk sistem pencernaan.

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup dan bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk juga sistem pencernaan. Probiotik tidak hanya sekedar akan mengatasi sembelit dan memperlancar buang air besar, tetapi juga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

4. Obat-obatan

Cara membersihkan usus yang keempat adalah dengan menggunakan obat medis maupun herbal. Ada banyak sekali jenis obat pencahar yang bisa Anda temukan dipasaran. Obat pencahar memiliki berbagai macam bentuk dan bisa memiliki cara kerja yang berbeda.

Ada obat pencahar yang bisa langsung dikonsumsi atau harus dicampurkan ke makanan dan ada juga obat pencahar yang digunakan dengan cara dimasukkan melalui anus. Cara kerja obat pencahar juga berbeda-beda. Ada obat yang bekerja dengan cara meningkatkan jumlah cairan dalam usus dan ada juga yang bekerja dengan cara menstimulasi usus agar dapat mempercepat pergerakan feses.

Obat pencahar termasuk ke dalam obat yang mudah didapat dan bisa digunakan tanpa resep dokter. Meskipun begitu, tetap perhatikan penggunaannya dan jangan menyalahi aturan dan dosis yang disarankan. Selain menggunakan obat yang ada di apotek, Anda juga bisa mencoba obat herbal seperti teh hijau.

5. Enema

Cara membersihkan usus selanjutnya adalah dengan prosedur enema. Apa itu enema? Enema merupakan prosedur memasukkan cairan ke dalam kolon atau usus melalui rektum. Cairan yang digunakan bisa bermacam jenisnya, salah satu yang populer adalah enema kopi.

Prosedur ini bertujuan untuk merangsang kolon agar feses dapat lebih mudah dan cepat keluar. Enema tidak hanya dilakukan untuk mengatasi sembelit tetap juga bisa menjadi salah satu metode yang dilakukan sebelum operasi yang berkaitan dengan rektum dan kolon.

6. Cuci usus

Cara membersihkan usus yang terahir adalah dengan prosedur mencuci usus. Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan enema. Tujuannya juga sama yaitu untuk merangsang usus agar dapat mengeluarkan feses. Namun bedanya adalah cuci usus menggunakan lebih banyak air dan prosesnya bisa diulang beberapa kali hingga usus dirasa sudah benar-benar bersih. Proses cuci usus tidak dapat dilakukan sendiri di rumah yag artinya harus dilakukan oleh ahli medis.

Baca Juga
Cara Memutihkan Ketiak Dengan Bahan Alami dan Cepat
Bahaya Ancaman Kesehatan Mental Pada Orang yang Pernah Diselingkuhi
Tak Disangka! Menghirup Bau Kentut Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Jadi, apakah usus Anda sudah masuk kritertia usus yang bersih atau justru menunjukkan ciri usus kotor? Jika Anda merasa memiliki usus yang kotor, sebaiknya segera pilih cara membersihkan usus yang bisa Anda lakukan. Jika gejala yang Anda alami belum cukup parah, mulailah dengan konsumsi banyak makanan berserat dan air putih untuk melancarkan pencernaan Anda.

Jika masalah pencernaan terlihat lebih serius, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Apapun cara membersihkan usus yang menjadi pilihan Anda, jangan lupa untuk membarenginya dengan pola hidup sehat seperti mengurangi konsumsi rokok dan alkohol, menjaga pola makan, menjaga pola tidur, serta rutin berolahraga.

Menarapkan pola hidup sehat tidak hanya baik untuk kesehatan sistem pencernaan Anda, tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Yuk, terapkan pola hidup sehat mulai hari ini! (Zee)