Pisang Aroma

MANAberita.com — SEMESTER yang baru telah berjalan hampir setengahnya. Nggak kerasa sebentar lagi kalian akan menjalani ujian tengah semester. Bagi yang bersekolah, pasti sudah mulai banyak ulangan-ulangan harian yang dilewati. Pastinya, hari-hari kalian akan diisi dengan belajar, dan belajar, dan belajar.

Nah, supaya sesi belajarmu nggak jadi memalaskan dan membosankan, coba deh belajar bersama teman sambil ditemani dengan camilan-camilan ringan yang gurih atau manis buatan sendiri ini. Apa saja? Coba disimak, yuk!

1. Selain sehat, jamur yang digoreng krispi bisa jadi teman belajar yang asyik
Cocol jamur krispi dengan mayones dan saus sambal

Jamur saat ini nggak cuma jadi pelengkap sayur sop saja, tetapi juga bisa menjadi camilan yang nikmat. Caranya? Digoreng krispi, aja!

Bahan yang kamu butuhkan cuma 2, yaitu 200 gram jamur tiram dan tepung bumbu serbaguna secukupnya. Cara membuatnya:

Cuci bersih jamur tiram, bagi jadi 2 bagian
Tuang tepung ke dalam 2 mangkuk berbeda; mangkuk 1 tepung dibiarkan kering saja, mangkuk 2 campur tepungnya dengan air sampai cair
Panaskan minyak untuk menggoreng
Celupkan jamur ke dalam tepung cair, lalu gulingkan ke dalam tepung kering
Goreng ke dalam minyak panas sampai kecokelatan.

Jadi deh jamur krispinya. Siap dihidangkan dengan cocolan mayones dan saus sambal sebagai teman belajarmu.

2. Butuh teman belajar yang manis? Pisang cokelat aroma juaranya
Manisnya bikin ketagihan

Suka beli pisang cokelat di tukang gorengan? Yap, pisang cokelat aroma satu ini memang enak banget untuk jadi camilan, apalagi teman belajar. Rasa pisangnya yang manis, dilapisi dengan cokelat meleleh dan juga kulit yang renyah. Tapi jangan keseringan beli di tukang gorengan karena minyaknya kurang baik untuk kesehatan. Lebih baik coba buat sendiri, yuk!

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

3 buah pisang kepok, masing-masing potong jadi 6 bagian
1 bungkus meises cokelat
20 lembar kulit lumpia
1 butir telur, ambil putihnya saja
Minyak untuk menggoreng
Cara membuatnya:

Potong pisang jadi 6 bagian
Taruh 1 pisang pada 1 lembar kulit lumpia
Taburkan meises secukupnya di atas pisang
Gulung perlahan kulit secara perlahan. Pastikan nggak ada bagian yang robek
Oleskan putih telur di ujung kulit sebagai perekat
Lakukan hal yang sama pada pisang lainnya sampai habis
Goreng dalam minyak panas sampai kecokelatan.
Rasanya dijamin enak, deh! Dan pastinya, pisang cokelat aroma buatan sendiri ini lebih sehat dari yang dijual oleh tukang gorengan.

3. Garlic Bread: Camilan yang gurih dan sehat (ps: nggak perlu pakai oven, kok!)

Camilan a la Indonesia memang kebanyakan berbentuk goreng-gorengan. Bosan juga lama-lama kalau terlalu sering menyantapnya. Nah, sebagai alternatif, kamu bisa nih membuat garlic bread sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang kamu perlukan:

Roti perancis atau ciabatta roll
Mentega secukupnya
6 siung bawang putih, ulek sampai benar-benar halus
3 batang seledri, cincang halus
Cara membuatnya sebenarnya perlu dipanggang. Namun, nggak semua orang memiliki oven di rumah, apalagi di kostannya. Jadi, Hipwee punya alternatif lain untuk membuatnya:

Potong roti secara serong. Usahakan memiliki ketebalan ± 2 cm
Dalam sebuah mangkuk, aduk mentega dan bawang putih halus sampai merata.
Masukkan seledri ke dalam campuran mentega. Aduk lagi sampai rata
Oleskan ke atas roti
Panaskan sedikit mentega dalam wajan anti lengket

Panggang roti di atas wajan tersebut sampai campuran mentega meresap ke dalam roti.
Mudah ‘kan membuatnya? Cuma sekitar 15 menit, kamu sudah bisa menyantap camilan sehat ini.

Psst.. Harganya lebih murah daripada beli di restoran, lho!
4. Ingin ngemil yang mengenyangkan? Coba aja melted cheese bread ini
Lelehan kejunya menggoda banget

Butuh camilan lain yang mengenyangkan? Melted cheese bread ini bisa banget untuk kamu coba. Membuatnya mudah, kok. Yakin, deh, kamu yang ngaku nggak bisa masak pasti bisa membuatnya dengan enak
Bahan-bahan yang kamu perlu siapkan nggak begitu banyak, cuma 4 saja:

1 bungkus roti tawar, buang pinggirannya dan pipihkan
1 bungkus keju lembaran
1 butir telur, kocok lepas
Minyak untuk menggoreng
Nah, sekarang cara membuatnya deh:

Pipihkan roti tawar. Kamu bisa menggunakan bagian bawah sendok jika nggak punya penggilingan
Letakkan 1 lembar keju di masing-masing roti

Gulung roti tersebut lalu rekatkan ujungnya dengan bantuan telur
Panaskan minyak pada wajan. Goreng roti sampai kecokelatan.
Sambil dicocol ke mayones atau saus sambal, melted cheese bread ini pasti cepat banget kamu lahap sampai habis. Enak, sih!
5. Rasa manis dari kue laba-laba, bikin kamu nggak bisa berhenti menyantapnya
Kue laba-laba yang hangat bikin ketagihan!

Kue yang satu ini unik banget bentuknya; hampir menyerupai jaring laba-laba. Makanya, nggak heran kalau diberi nama kue laba-laba. Rasanya hampir sama seperti kue cubit, manis yang sederhana tapi bikin nggak bisa berhenti menyantapnya. Mau coba membuatnya?

Bahan-bahan yang kamu perlukan:

100 gram tepung terigu
100 gram gula pasir
100 gram mentega cair
2 butir telur
½ sendok teh baking powder
½ sendok teh vanili
Meises cokelat secukupnya
Langkah-langkah membuatnya:

Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Jika menggunakan mixer, pilih kecepatan tertinggi
Masukkan tepung terigu, baking powder, dan vanili ke dalam campuran telur. Aduk sampai merata
Tambahkan mentega cair ke dalam adonan. Aduk rata

Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga. Gunting bagian ujungnya
Panaskan mentega pada wajan anti lengket. Semprotkan adonan ke atas wajan dengan menyerupai bentuk jaring laba-laba
Taburi adonan dengan meises
Panggang sampai matang dan bagian bawahnya berwarna emas kecokelatan.
Sudah jadi dan siap disantap deh selagi panas. Hati-hati ketagihan, ya! Hehehe
6. Camilan tahu naik kelas! Digoreng krispi dan ditaburi keju yang gurih
Camilan yang bikin nggak bisa berhenti ngunyah!

Selain jamur krispi, ada lagi nih camilan renyah lainnya yang bikin kamu nggak bisa berhenti ngunyah, yaitu tahu krispi keju. Tahu yang makanan merakyat ini akan digoreng garing dengan tepung supaya teksturnya jadi lebih renyah. Kemudian diberi taburan keju untuk memberikan sensasi rasa yang berbeda dari sebelumnya. Penasaran ingin membuatnya? Siapkan dulu nih bahan-bahan ini:

250 gram tahu tawar, potong kotak-kotak kecil
1 bungkus tepung bumbu serbaguna
Garam dan merica secukupnya
2 gelas air matang
2 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur ayam, kocok lepas
1 bungkus bubuk keju
Setelah semua bahan-bahan siap, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini:

Tuang air ke dalam sebuah mangkuk. Tambahkan bawang putih, garam, dan merica secukupnya ke dalam air. Campur rata

Rendam tahu ke dalam larutan bumbu tersebut. Diamkan selama 5-10 menit
Setelah maksimal 10 menit, tiriskan tahu dan buang larutan bumbu tersebut
Rendam tahu ke dalam kocokan telur selama 2 menit supaya tepung lebih mudah melekat

Tuang tepung ke dalam mangkuk. Satu per satu, lumuri tahu dengan tepung tersebut
Panaskan minyak, lalu goreng tahu sampai berwarna emas kecokelatan
Setelah matang, angkat dan tiriskan. Lalu berikan taburan bubuk keju sebagai perasa.
Dengan camilan ini, dijamin belajarmu bersama teman-teman akan lebih menyenangkan, deh!
7. Pisang jangan hanya digoreng saja. Coba pisang penyet cokelat keju ini sebagai alternatifnya

Manisnya camilan ini nggak bisa ditolak!
Manisnya camilan ini nggak bisa ditolak! via streetfood.co.id

Kalau bosan hanya ngemil pisang yang digoreng saja, pisang penyet ini bisa jadi salah satu alternatif camilan belajarmu. Mencari yang menjualnya di pinggir jalan mungkin cukup sulit karena hampir nggak ada. Paling mudah menemukannya ya di restoran atau kafe. Tapi kalau mau lebih mudah lagi, kamu bisa kok membuatnya sendiri.

Ini nih bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

4 buah pisang kepok; bisa dilebihkan atau dikurangi sesuai selera
Margarin secukupnya
Meises secukupnya
Keju secukupnya
Gula bubuk secukupnya
Cara membuatnya:

Bagi pisang menjadi 2 bagian. Lalu, penyet sekali saja dengan menggunakan pisau
Oleskan margarin di bagian atas dan bawah pisang
Panaskan margarin pada wajan anti lengket. Panggang pisang sampai berwarna emas kecokelatan
Setelah matang, tiriskan pisang. Selagi panas, oleskan lagi margarin pada bagian atasnya
Taburi pisang dengan meises dan keju sesuai selera
Terakhir, beri sedikit taburan gula halus untuk rasa dan penampilan yang lebih cantik.
Siap-siap nggak berhenti mengunyah, ya!

Baca Juga
Resep Ceker Kecap Pedas yang Bikin Nafsu Makan Naik Berkali-Kali Lipat
Lah?? 6 Makanan Enak Asal Indonesia ini Justru Dibenci Oleh Turis
Chicking, Restoran Halal yang Membuatmu Merindukan Tanah Arab

Nah, itu dia 7 resep camilan ringan yang akan menjadi teman setiamu saat sedang belajar untuk ujian. Nggak hanya enak, tetapi juga jauh lebih sehat dari camilan kemasan atau yang dijual di pinggir jalan. Selamat mencoba! Selamat belajar juga! (Zee)

(Sumber: Hipwee)