Hidung mancung

MANAberita.com — BANYAK orang yang mendambakan agar hidungnya tampak lebih mancung agar bisa tampil lebih menawan dan percaya diri. Meski begitu, ada harga sangat mahal jika ingin hidung mancung melalui operasi.

Tak hanya mahal dari segi finansial, risiko dan konsekuensi dari menjalani operasi kosmetik semacam ini pun sangatlah besar. Sudah banyak kasus dan kisah yang membuktikannya.

Namun tak banyak yang tahu, rupanya ada beberapa cara untuk memancungkan hidung secara alami dengan hasil yang permanen. Memang benar hasilnya tak bisa seinstan jika melakukan bedah plastik. Namun tentu saja cara-cara ini dijamin lebih aman dan minim risiko. Hasilnya pun diklaim tak kalah menakjubkan bila hendak dibandingkan dengan hasil operasi.

Lagipula, ingatlah bahwa tak selamanya operasi plastik merupakan cara memancungkan hidung yang benar. Selain harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit, cara memancungkan hidung secara cepat melalui operasi plastik memiliki risiko yang berbahaya.

Mari simak ulasan risiko dan bahaya dari operasi plastik serta cara memancungkan hidung secara alami berikut sebagaimana dikutip dari Suratkabar melalui Dream.co.id.

Risiko Memancungkan Hidung dengan Operasi:

1. Proporsi Wajah Tak Ideal

Tak selamanya proses operasi dapat berjalan lancar. Bisa saja selama prosesnya terjadi kesalahan prosedur operasi. Akibatnya proporsi wajah menjadi aneh atau tak ideal karena bentuk hidung yang terkesan dipaksakan melalui operasi.
2. Bekas Luka

Akibat terjadi kesalahan prosedur operasi, wajah Anda bisa menjadi tidak proporsional dan bahkan tampak aneh. Demikian juga dengan bekas luka setelah operasi. Adanya bekas luka luar yang tampak tentu malah akan merusak penampilan wajah Anda.
3. Pendarahan

Umumnya, akan terjadi pendarahan usai menjalani operasi karena bagian tubuh yang disayat saat pembedahan tidak tertutup sempurna. Jika hanya sebentar mungkin tidak akan apa-apa, namun saat pendarahan tidak berhenti, bukan tidak mungkin nyawa pasien menjadi taruhannya.
4. Bentuk Hidung yang Tak Sesuai

Bukan tak mungkin, usai operasi selesai, bentuk hidung jadi tak sesuai dengan yang Anda request/ inginkan.
5. Hidung Miring

Apalagi jika hidung menjadi miring. Memasang implan yang terlalu tinggi dan tak cukup pada hidung bisa membuat hidung malah jadi terlihat miring.

Risiko Mancungkan Hidung dengan Filler
Selain melakukan operasi, klinik kecantikan terkadang menawarkan cara memancungkan hidung melalui filler hidung yang katanya jauh lebih aman. Filler hidung merupakan cara memancungkan hidung dengan memasukkan cairan zat asam hialuronat ke bawah lapisan kulit. Ini dimaksudkan untuk menambah volume hidung agar jadi lebih mancung serta memberi efek kencang pada kulit.

Nyatanya, jika suntikan filler dilakukan tak sesuai dengan ketentuan prosedur medis yang berlaku, juga berisiko yang tinggi. Saat filler disuntikkan pada hidung, bisa saja dokter malah menusuk pembuluh darah dan menyebabkan kebiruan atau lebam. Komplikasi lainnya adalah dengan masuknya filler ke pembuluh darah. Hal ini akan menyumbat pembuluh darah sehingga suplai darah tak sampai ke jaringan dan menimbulkan kerusakan jaringan.

Cara memancungkan hidung melalui operasi maupun filler ternyata sama-sama berisiko membahayakan tubuh. Daripada harus mengeluarkan banyak uang dan hasilnya belum tentu sesuai dengan yang diinginkan, lebih baik syukuri saja bentuk hidung dan kesehatan yang ada sekarang.

Namun, jika memang masih mencari cara memancungkan hidung yang alami dan aman, simak beberapa solusi berikut sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber. Cara memancungkan hidung secara alami dan aman ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Meski begitu, hasilnya tak kalah menakjubkan dibandingkan dengan cara memancungkan hidung melalui operasi.

Cara Memancungkan Hidung Secara Alami dan Permanen

1. Memencet atau mencubit ringan hidung

Cara yang pertama yakni dengan memencet atau mencubit ringan hidung secara rutin. Hal ini terbilang mudah karena yang perlu dilakukan hanya mencubit-cubit ringan hidung. Caranya:

Pencet atau cubit ringan hidung menggunakan ibu jari dan telunjuk.
Lakukan ringan saja, jangan terlalu kencang karena nanti dapat menyebabkan iritasi.
Tahan cubitan selama 5 menit. Lakukan 3 kali sehari.
Jangan terlalu sering agar tidak merusak hidung.

2. Meregangkan kulit wajah

Langkah kedua adalah dengan meregangkan wajah. Maksudnya yakni memberi sensasi rileks pada wajah. Caranya:

Tekan dengan halus wajah memakai jari telunjuk dan jari tengah, mulai dari hidung digerakkan menuju telinga.
Lakukan bersamaan dengan bibir yang membentuk duck face.
Lakukan setiap hari.

3. Yoga Tersenyum

Tersenyum merupakan hal lumrah yang dilakukan. Ternyata, hanya dengan tersenyum saja dapat memancungkan hidung. Namun tentu saja bukan tersenyum biasa. Senyum ini merupakan salah satu gerakan yang kerap dilakukan saat yoga. Namanya adalah smiling fish frenzy. Caranya:

Senyum yang harus kamu lakukan adalah pose senyum sembari gigi dikepalkan.
Tahan selama 10 menit, kemudian ulangi lagi hingga 3 kali.
Lakukan secara rutin agar hidung mancung segera didapat.

4. Memijat Wajah

Memijat wajah secara rutin ternyata juga dapat menjadi cara memancungkan hidung secara alami.
5. Latihan Pernapasan

Cara alami memancungkan hidung selanjutnya yakni dengan melatih pernapasan. Hal ini biasa dilakukan saat yoga. Caranya mudah saja:

– Duduklah dengan santai.
– Tegakkan tubuh.
– Tutup lubang hidung kanan menggunakan jempol tangan kanan.
– Bernapaslah biasa selama 20 menit.
– Kemudian tutup lubang hidung kiri menggunakan jempol tangan kiri.
– Bernapas biasa selama 20 menit.
Lakukan secara rutin agar hidung mancung segera kamu dapatkan.

6. Mengurut Hidung

Mengurut hidung sebagai cara memancungkan hidung dengan alami berikutnya cukup mudah. Caranya:

Posisikan jari tengah dan jari manis secara vertikal tepat di bawah mata.
Lalu lakukan gerakan pijatan lembut dari tulang pipi menuju hidung.
Lakukan selama 15 menit.

7. Dengan Minyak Essensial

Dengan mengurut hidung menggunakan minyak essensial juga dapat menjadi cara memancungkan hidung secara alami dan permanen.

8. Dengan Alat Memancungkan Hidung

Baca Juga
Gak Nyangka! 6 Barang yang Biasa Kita Gunakan Sehari-Hari Ternyata Mengandung Racun
Mengenal Ciri-Ciri Anak Autis
Sehari Sebelum Dilahirkan, Janin Justru Lakukan Hal ini di Dalam Perut

Cara alami yang satu ini memang tak semurah tips memancungkan hidung yang lainnya. Namun jika dibandingkan melalui operasi dan filler, langkah ini tentu terbilang mudah dan tanpa efek samping. Yang perlu dilakukan adalah:

Belilah alat memancungkan hidung.
Lakukan secara rutin sesuai dengan petunjuknya hingga mendapatkan hidung mancung yang diinginkan.

Demikianlah 8 cara memancungkan hidung secara alami dan aman dengan hasil yang permanen. Memang, cara alami memancungkan hidung ini hasilnya tak bisa terlihat dalam sekejap. Meski demikian, jika dilakukan secara konsisten, hasilnya juga akan permanen. Selamat mencoba! (Dil)