Anna Sophana

MANAberita.com — UNTUK pertama kalinya terjadi di Indonesia, ada seorang bupati mengundurkan diri, melepas jabatannya hanya untuk mengurus keluarga. Padahal di luar sana orang pada berebut menjadi bupati, bahkan ada kepala daerah yang sudah jadi tersangka korupsi pun masih senyum-senyum mempertahankan kursinya.

Melansir Maklumatnews, Bupati yang mengundurkan diri tersebut adalah Bupati Indramayu Anna Sophanah. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan tidak ada sanksi dalam peraturan apa pun terkait pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophanah karena alasan keluarga.

Tjahjo pun mengatakan, pengunduran diri tersebut merupakan kasus pertama lengsernya kepala daerah tanpa berhalangan tetap.

“[Di Undang-undang] enggak ada [sanksi]. [Sebelumnya] enggak ada, belum ada. Baru pertama kali. Makanya kalau berhenti kan harusnya kalau dia, mohon maaf, meninggal dunia, mungkin dia sakit, ada masalah hukum. Ini kan enggak,” ujarnya

Tjahjo pun mengakui sangat menyesalkan pengunduran diri tersebut. Pasalnya, pada periode pertama Anna memimpin Indramayu dinilai sukses membangun kota tersebut.

Adapun keputusan penetapan pengunduran diri Anna akan diberikan Tjahjo setelah proses di kabupaten selesai. Prosesnya, DPRD akan memberikan surat pada Gubernur Jawa Barat yang akan diteruskan ke Presiden melalui Mendagri.

“Ya sudah ada keputusan DPRD paripurna yang menyetujui pengunduran diri bupati. Hasil keputusan paripurna DPRD Indramayu sudah dikirimkan oleh ketua DPRD ke Gubernur. Saya menunggu saja surat dari gubernur. Begitu kami dapat suratnya, mekanismenya nanti wakil bupati kita buatkan surat keputusan sebagai bupati definitif,” lanjut Tjahjo.

Baca Juga
Tak Mau Berbicara, Begini Cara The Sacred Riana Jawab Pertanyaan Saat Diwawancarai
Tua-Tua Keladi, Emak-Emak ini Justru Bangga Jadi Pelakor dan Sebut Istri Sah Tidak Sadar Diri
Inul Daratista Curhat Tentang Dendam 15 Tahun Lalu, Anak Rhoma Irama Angkat Bicara

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku sudah bisa menerima alasan pengajuan pengunduran diri secara resmi Bupati Indramayu Anna Sophanah.

Ridwan Kamil mengatakan pihaknya sudah menerima surat pengajuan diri dari Anna yang masih menjalankan amanat tersebut. Dia juga mengaku bisa memahami alasan pengunduran diri karena alasan keluarga. (Dil)

(Sumber: Maklumatnews)