MANAberita.com — MATA adalah salah satu indera yang harus kita jaga dengan baik. Tentunya kamu tidak mau kan, mata kamu rusak akibat hal-hal ceroboh yang kamu lakukan?

Nah, tau nggak sih kamu? Ternyata ada loh hal sepele yang sering kita lakukan dan tentunya hal tersebut dapat merusak mata. Penasaran apa aja? Yuk, simak artikel ini.

1. Membaca Terlalu Dekat dan Dalam Ruangan Redup

Membaca di Ruangan Gelap

Ketika membaca, ada baiknya kamu untuk mengatur jarak. Jarak yang biasanya direkomendasikan adalah sekitar 40-45 cm, dan jangan pernah membaca sesuatu sambil tiduran.

Tingkat cahaya di ruangan tersebut juga harus cukup ya. Jangan membaca di ruangan gelap atau redup sekalipun. Karena jika tidak, mata kamu bisa menjadi minus.

2. Menonton TV di Malam Hari

Nah, biasanya ini menjadi kegiatan anak-anak muda yang mengalami insomnia. Pasalnya melihat cahaya yang terang saat keadaan gelap dapat menyebabkan penyakit pada mata.

Kebiasaan menonton TV saat malam hari juga berakibat buruk terhadap jam tidur loh. Wah, kurang-kurangi nonton TV di malam hari ya.

3. Tidur Menggunakan Lensa Kontak

Buat para wanita yang suka tidur tanpa melepaskan lensa kontak, ada baiknya untuk menghentikan kegiatan tersebut mulai dari sekarang.

Pasalnya tidur sambil memakai lensa kontak dapat berakibat fatal.Resiko iritasi hingga kecacatan permanen dapat menyerang kamu yang memakai lensa kontak ketika tidur.

4. Membaca Pesan atau Tulisan di Smartphone

Kebiasaan membaca dengan menatap layar smartphone tentunya dapat merusak mata loh. Biasanya kamu akan merasakan pusing, mual-mual, hingga mata kering akibat membaca tulisan di smartphone dalam waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasi hal itu, ada baiknya kamu mengistirahatkan mata setelah menatap layar smartphone selama 20 menit. Jangan lupa untuk memperbesar ukuran tulisan agar lebih mudah untuk dibaca.

5. Kurang Tidur

Kebiasaan kurang tidur juga dapat menjadi penyebab kerusakan pada mata. Oleh sebab itu kamu harus memastikan tidur minimal 7 jam dalam sehari, dan ingatlah untuk menjauhkan cahaya dari layar smartphone sebelum kamu tidur.

6. Bermain Game

Baca Juga
Berikut Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Ulang dan Bahayanya Bagi Kesehatan
Sering Merasa Diganggu dan Ada Aura Negatif di Rumah? Deteksi Pakai Air Garam Saja!
Tidak Cinta! Inilah Tanda Jika Pasanganmu Hanya Memanfaatkanmu Saja

Tentu bermain game baik itu di TV maupun di smartphone dapat membuat kerusakan pada mata ya. Apalagi jika dilakukan dalam waktu yang cukup lama.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu untuk mengatur jadwal dalam bermain game. Jangan sampai karena keasikan main game, mata kamu menjadi korbannya.

Nah, itulah kebiasaan sepele yang dapat membuat kerusakan pada mata. Jaga kesehatan mata kamu agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ya. (Alz)