Gigi Tonggos Bisa Karena Kebiasaan? Hati-Hati Hindari Hal-Hal Ini!

MANAberita.com — MESKIPUN bukan merupakan kondisi berbahaya, gigi tonggos atau terlalu maju dapat membuatmu rendah diri. Pasalnya, kondisi gigi bagian depan yang lebih menonjol ini bisa membuat penampilan kurang menarik jika tidak segera ditangani.

 

Bila terus dibiarkan, gigi tonggos dapat menimbulkan maloklusi atau susunan gigi yang tak rata. Masalah ini dapat memicu gangguan kesehatan pada mulut. Misalnya, pada proses mengunyah, berbicara, bernapas, hingga sering tidak sengaja menggigit lidah.

Untungnya, saat ini sudah ada berbagai cara merapikan gigi tonggos yang efektif demi menunjang penampilanmu. Sebelum membahas lebih lanjut, lebih baik kamu cari tahu dulu penyebab gigi tonggos.

Merapikan gigi tonggos bisa dilakukan dengan pemasangan kawat gigi atau behel
Kebiasaan Kecil Penyebab Gigi Tonggos
Banyak faktor yang bisa menyebabkan gigi tonggos. Masalah susunan gigi yang condong berjejal ke depan ini dapat diwariskan dalam keluarga atau terjadi karena kebiasaan buruk yang jarang disadari sejak usia dini. Contohnya, seperti tradisi menggunakan dot.

Kondisi ini dapat memicu perubahan struktur rahang dan gigi sehingga mengakibatkan susunan gigi anak bergerak maju. Oleh karena itu, penggunaan dot perlu dihentikan sebelum anak menginjak usia 4 tahun. Kebiasaan mengemut jempol semasa kecil juga memberi efek serupa.

Di samping kedua faktor di atas, sering menjulurkan lidah, kurangnya menjaga kebersihan gigi, tumbuhnya gigi dengan ukuran maupun bentuk abnormal, juga dapat memicu gigi tonggos. Bahkan pada beberapa kasus, kecelakaan turut dapat membuat struktur rahang bergeser yang berdampak gigi maju.

Ketahui Cara Merapikan Gigi Tonggos
Kondisi gigi tonggos sebaiknya ditangani sedini mungkin. Salah satu jenis penanganan umum yang sering dilakukan adalah dengan pemasangan kawat gigi atau behel. Usia 12 hingga 13 tahun dianggap paling ideal untuk mengawali penanganan dengan behel.

Di samping itu, pemakaian kawat gigi juga mampu memundurkan letak gigi, memperbaiki susunan gigi yang menumpuk, merapatkan celah di antara gigi, hingga meluruskan gigi yang miring.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa pemasangan behel merupakan tindakan medis yang rumit dan membutuhkan rentang waktu lama sampai hasilnya telihat. Prosedur ini memerlukan waktu sekitar 2 tahun dan kunjungan ke dokter gigi setidaknya 6 minggu sekali.

Selain behel, operasi terkadang menjadi pilihan cara mengatasi gigi tonggos. Cara ini umumnya dilakukan pada orang dewasa, di mana penggunaan behel mungkin tidak berhasil.

Dukung Penanganan Gigi Tonggos dengan Melakukan Hal Ini
Bila kamu memilih prosedur pemasangan kawat gigi sebagai penanganan gigi tonggos, maka ada beberapa hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Berikut perinciannya:

1. Jagalah Asupan Makanan dan Kebersihan Gigi

Jika kamu ingin gigi tetap sehat terutama saat mengenakan kawat gigi, hindari konsumsi makanan atau minuman manis mulai sekarang. Misalnya seperti permen, kue, dan minuman bersoda.

Biasanya dokter gigi juga akan menyarankanmu untuk membersihkan gigi dengan pasta gigi atau obat kumur yang mengandung fluoride. Kandungan ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang merusak gigi dan memperbaiki pengeroposan pada enamel gigi (lapisan terluar gigi).

Nah, bila kebersihan gigimu terjaga, tentunya juga dapat mempermudah proses perawatan gigi tonggos saat mengenakan behel, kan?

2. Tetap Percaya Diri Meski Punya Kekurangan

Memiliki gigi tonggos mungkin akan menurunkan rasa percaya dirimu. Tak hanya itu, selama proses perbaikannya pun, misalnya dengan behel, kamu mungkin tetap merasa malu karena ada sesuatu pada gigimu.

Baca Juga
Astaga! Dibunuh Pengasuh, Bayi 5 Bulan Ditemukan Tewas di Dalam Freezer
Hendak Bercanda, Pria ini Justru Tewaskan Rekannya Sendiri Usai Menyemprot Dengan Pipa Udara Bertekanan Tinggi
Astaga! Staf Rumah Sakit Ceroboh, Wanita ini Meninggal Karena Cairan Infus Tertukar Dengan Formalin

Meski begitu, ingat bahwa proses tersebut akan berakhir dan kamu pun akan mendapatkan gigi rapi setelahnya. Tetaplah percaya diri. Lebih baik, fokuskan pikiranmu dengan hal-hal lain yang positif, seperti berusaha mencapai prestasi atau tujuan lainnya.

Cara merapikan gigi tonggos ternyata bervariasi, bisa melalui kawat gigi hingga tindakan operasi pada area rahang. Akan tetapi, demi mendapatkan solusi yang tepat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi terlebih dahulu.

Dengan begitu, kondisi gigimu akan diperiksa secara seksama dan kamu bisa mendapatkan solusi penanganan yang tepat. Ingat, semakin cepat ditangani maka senyum cantikmu pun akan segera kembali. (Zee)