Ilustrasi

MANAberita.com — KITA tidak bisa memaksakan orang untuk selalu menyukai kita ya! Pasti kita pernah merasa diperlakukan buruk oleh orang lain.

Nah, buat kita yang punya pengalaman mendapatkan perlakuan buruk dari orang tidak menyukai kita, ini dia trik menghadapinya.

Menerima

Saat kita tahu ada orang yang enggak menyukai kita, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menerima kalau enggak semua orang bisa suka sama kita.

Yap bener banget, hidup diantara milyaran manusia, kita enggak bisa membuat semua orang menaruh hati kepada kita. Dan hal ini wajar banget.

Curhat

Mencurahkan kekesalan kita saat enggak disukai atau saat disakiti sesorang memang penting. Tujuannya supaya setidaknya kita bisa sedikit melepas emosi tersebut.

Curhat ke teman, orang tua, atau orang lain yang kita percaya bisa membantu kondisi mental kita agar lebih tenang.

Curhat ke media sosial juga sah-sah aja, asal tetap dijaga kesantunan berbahasanya, dan jangan sampai orang lain yang enggak ada hubungannya jadi merasa tersinggung.

Temukan lingkaran pertemanan yang tepat

Jangan memaksakan diri untuk bergaul dengan orang yang enggak menyukai kita. Lebih baik temukan teman-teman lainnya yang lebih memberikan energi positif kepada kita.

Seperti Taylor Swift yang menemukan teman-teman dalam squad-nya. Orang dalam lingkaran pertemanan inilah yang bisa menerima kelebihan dan kekurangan kita.

Tanyakan penyebabnya

Wajar kalau kita jadi merasa sedih karena seseorang enggak menyukai kita. Yang jadi masalah adalah kalau kita menjadi semakin terpuruk.

Kalau memang perlu, kita bisa menanyakan penyebabnya ke yang bersangkutan. Seperti mengapa dia enggak menyukai atau dengan sengaja menyakiti hati kita.

Mungkin jawabannya memang sedikit menyakitkan, tapi kalau dari jawaban tersebut kita bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi, kenapa enggak?

Jadikan karya

Seperti Taylor Swift, kita bisa mengubah ketidakberuntungan kita ini menjadi hal yang lebih positif. Salah satunya adalah dengan mengubahnya menjadi karya.

Kalau kita bisa menulis, curahkan saja lewat puisi, lirik lagu, atau cerpen. Lebih bagus lagi kalau kita memperlihatkan karya kita tersebut ke orang lain supaya mereka juga bisa belajar dari kita.

Baca Juga
Baru Putus? Lakukan ini Yuk Supaya Mantan Merindukanmu
Kebiasan Buruk Saat Pacaran yang Dapat Membuat Pernikahanmu Jadi Tidak Bahagia
Sule Digugat Cerai Istri, Ternyata ini Alasannya!

Jangan membalas

Keburukan dibalas dengan keburukan enggak akan membawa hal yang baik. Kalau ada seseorang yang menyakiti kita, anggap saja angin lalu.

Enggak perlu ikut-ikutan membenci dan mendendam. Kalau kita tetap melakukannya, berarti kita enggak jauh lebih baik dibandingkan orang itu, kan? (Zee)