Maimunah (60) korban penipuan saat membuat laporan ke Polresta Palembang, Jumat (09/06).

MANAberita.com – WALAUPUN sempat tidak percaya namun setelah pelaku Salim Saputra (26) mengirimkan foto-fotonya  berpakaian lengkap dilokasi usaha kayu yang dirintisnya, membuat korban Maimunah (60), warga Jalan Tanjung Enim RT 31 Kelurahan Bukit Sangkal, Kecamatan Kalidoni berbalik jadi percaya hingga mentransfer uang jutaan rupiah kepada pelaku.

Apa yang dialami korban Maimunah sebetulnya sudah pernah terjadi pada korban-korban sebelumnya. Motifnya pun hampir sama, yakni berawal dari perkenalan antara korban dengan seorang anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bernama Salim Saputra dijeraing sosial Facebook.

Dari perkenalan awal tersebut terjadilah percakapan pribadi hingga pada obrolan mengenai hal-hal lain, termasuk juga dalam hal usaha. Disini pelaku mengaku, selain anggota polisi yang bertugas di Pekanbaru, Riau, dia juga buka usaha sampingan yakni bisnis kayu.

Hingga pada suatu hari, pelaku Salim mengatakan sedang butuh uang buat tambahan modal usaha kayu yang ia jalankan. Pelaku juga dengan berani meminjam uang kepada korban dengan janji akan diberikan bagian dari keuntungan, jika kayu tersebut sudah dicairkan.

“Uang tersebut saya transfer secara bertahap pak ke rekening 540601015829535 atas nama Khoirul Aspan,” jelas korban saat melapor kepada petugas piket SPKT Polresta Palembang, Jumat (09/06) sore.

Baca Juga
Kesal Tak Dapat Uang Pungli, Polisi ini Sebut Pengendara Sepeda Motor Dengan Sebutan Anjing
Arisan Online Kembali Menuai Masalah, Korban Dirugikan Ratusan Juta Rupiah
Dalam Satu Hari Polresta Palembang Ungkap Kasus Penculikan Siswi SMK N 7

Ditambahkan Maimunah, pelaku berjanji akan mengembalikan uang tersebut pada tanggal 3 Juni 2017 namun hingga dirinya melapor, pelaku belum juga mengembalikan uang tersebut. “telpon genggamnya juga sudah tidak aktif lagi pak,” ungkap korban.

Kasat Reskrim Polresta Palembang, Kompol Yon Edi Winara ketika dikonfirmasi membenarkan adanya laporan korban. “Laporannya sudah kita terima, dan akan segera kita tindak lanjuti,” tegas Yon. (wwt)