Mahavira Swami

MANAberita.com – MAHAVIRA adalah salah satu tokoh yang berpengaruh di dunia.

Mahavira (महावीर artinya pahlawan besar) (599 – 527 SM) atau Vardhamana (Sanskerta: वर्धमान). Vardhamana dilahirkan sekitar tahun 599 SM di India sebelah timur laut, di daerah yang sama dengan Buddha Gautama di lahirkan walaupun satu generasi lebih awal. Anehnya, kehidupan kedua orang itu banyak persamaanya yang menarik. Vardhamana anak bungsu dari seorang pemimpin, dan seperti juga gautama dibesarkan dalam kemewahan. Pada umur tiga puluh tahun, dia menjauhkan lingkungannya, keluarga (dia mempunyai seorang istri dan seorang anak perempuan), meninggalkan lingkungannya yang nyaman, dan memutuskan mencari kebenaran dan kepuasan spiritual.

Mahavira merupakan pendiri Jainisme. Yang dimaksud dengan Jainisme (bahasa Sanskerta: जैनधर्मJainadharma, bahasa Tamil: சமணம் – Samaṇam) adalah sebuah agama dharma. Jaina bermakna penaklukan. Agama Jaina bermakna agama penaklukan. Dimaksudkan penaklukan kodrat-kodrat syahwati di dalam tata hidup manusiawi. Agama Jaina itu dibangun oleh Nataputta Vardhamana, hidup pada 559-527 sM yang beroleh panggilan Mahavira yang berarti pahlawan besar.

Agama Jaina lahir lebih dahulu daripada agama Buddha. Agama Buddha punya pengikut lebih luas di luar India, namun agama Jaina terbatas hanya di India saja. Kedua agama tersebut merupakan reaksi terhadap perikeadaan di dalam agama Hindu mengenai perkembangan ajarannya pada masa lampau.

Dewasa ini ada lebih dari 8 juta pengikut agama ini. Mereka terutama ditemukan di India. Secara sosial, biasanya para penganut Jainisme termasuk golongan menengah ke atas. Agama Jaina itu mewariskan bangunan-bangunan kuil yang amat terkenal keindahan arsitekturnya di India dan senantiasa dikunjungi wisatawan.

Kitab suci di dalam agama Jaina adalah Siddhanta. Kitab ini terdiri atas beberapa himpunan. Himpunan pertama terdiri atas dua belas buah Angas atau bab, namun Angas keduabelas telah lenyap, tidak dijumpai sampai sekarang. (Int)

Baca Juga
Aneh Tapi Nyata! Manusia Unik Ini Benar-benar Ada Di Dunia
Inilah 4 Kejadian Misterius yang Pernah Terjadi Di Dunia
100 Tokoh Paling Berpengaruh : Mikhail Sergeyevich Gorbachyov (Tokoh ke 95)