Qarun dan Gudang hartanya (ilustrasi)

MANAberita.com – HAMPIR semua umat Islam di seluruh dunia, pernah mendengar kisah Qarun. Ia adalah seorang yang sangat kaya raya, dan hidup sezaman dengan Nabi Musa AS. Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, Qarun adalah anak dari paman Musa. Kisah Qarun ini secara lengkap dapat dilihat dalam surah al-Qashash [28] ayat 76-82.


Menurut situs wikipedia, Qarun adalah sepupu Musa, anak dari Yashar adik kandung Imran ayah Musa. Qarun dikenal sebagai orang yang sangat kaya. Kekayaannya membuat iri orang-orang Bani Israil. Karena kekayaannya itu pula, Qarun senantiasa memamerkan dirinya kepada khalayak ramai. Bahkan, begitu banyak kekayaan yang dimilikinya, sampai-sampai anak kunci untuk menyimpan harta kekayaannya harus dipikul oleh sejumlah orang-orang yang kuat. (Al-Qashash [28]: 76). Di manakah lokasi ditenggelamkannya Qarun tersebut? Mengapa banyak orang menganggap bila mereka menemukan harta terpendam selalu mengatakan dengan sebutan harta karun? Benarkah ia harta karun?

Menurut beberapa riwayat, lokasi tempat ditenggelamkannya Qarun beserta rumahnya ke dalam bumi itu terjadi di daerah Al-Fayyum, sekitar 90 kilometer (km) atau dua jam perjalanan dengan menggunakan mobil dari Kairo, ibu kota Mesir. Menurut penduduk setempat, nama danau itu adalah Bahirah Qarun (laut Qarun). Di sekitar Al-Fayyum ini yang tersisa hanya berupa puing-puing istana Qarun seperti dilansir dari republika.id.

Di lokasi ini, terdapat sebuah danau yang sangat luas. Panjang danau mencapai 30 km dengan lebar danau sekitar 10 km dan kedalaman mencapai 30-40 meter.

Menurut DR Rusydi al-Badrawy, dalam bukunya Qashash al-Anbiya’ wa al-Tarikh (Kisah Para Nabi dan Sejarahnya), Bahirah Qarun ini dulu pernah dilakukan penelitian oleh ahli Geologi dari Eropa Barat.

Gudang Harta Qarun (ilustrasi)

Hasilnya? Setelah melalui pengkajian yang komprehensif, para peneliti dari Eropa itu berkesimpulan bahwa di zaman dahulu kala, benar di lokasi itu pernah terjadi bencana berupa gempa bumi yang sangat besar, terutama di bagian sebelah selatan danau Qarun.

Kini, danau Qarun tampak tenang. Meski di baliknya menyimpan sebuah pelajaran yang sangat berarti bagi umat manusia. Yakni, kesombongan dapat membinasakan dirinya, sebagaimana yang terjadi pada Qarun.

Berikut 5 Fakta tentang Qarun yang dilansir dari boombastis.com :

  1. Qarun Memiliki Ribuan Gudang Harta

Harta Qarun

Banyak literatur yang mengatakan jika Qarun memiliki ribuan bahkan lebih gudang-gudang khusus yang memuat harta-hartanya. Dalam satu gudang itu sendiri dikatakan berisi semua benda berharga dengan nilai yang tak main-main. Mulai dari emas, perak, permata, serta benda-benda berharga tinggi lainnya.

Jika seseorang memiliki satu saja gudang seperti ini, maka kita sudah bisa menyebutnya sebagai seorang jutawan bahkan miliuner. Lalu bagaimana kita akan memanggil Qarun yang memiliki ribuan gudang seperti ini? Sungguh tak bisa dibayangkan betapa banyak harta yang dimiliki Qarun. Mungkin kalau dia head to head dengan orang terkaya saat ini, Bill Gates misalnya, maka Qarun sepertinya akan menang dengan telak.

 

  1. Kunci-Kunci Harta Milik Qarun Sampai Harus Dipikul 10 Orang Kekar

Kunci Harta Qarun

Dalam sebuah riwayat dikatakan jika suatu hari Qarun pernah pamer-pamer hartanya di hadapan orang-orang Bani Israel. Semua orang tertegun kala itu. Bukan hanya karena melihat harta si sepupu Nabi Musa yang begitu banyak, tapi juga deretan orang-orang kekar yang ada di belakang Qarun. Ya, mereka ini bertugas membawa kunci-kunci harta milik si kaya.

Kunci-kunci harta Qarun memang terlalu banyak, sampai-sampai ia harus dibawa sendiri oleh seorang pria kekar. Bahkan ada yang mengatakan jika yang membawa kunci tersebut ada 10 orang. Jika kuncinya saja sebanyak ini, lalu macam apa harta yang dimiliki Qarun. Kita bahkan tak bisa membayangkannya.

 

  1. Qarun Juga Memiliki Banyak Istana

Salah satu istana Qarun

Memiliki harta sebanyak ini maka sangat masuk akal kalau Qarun bisa membeli semua hal. Termasuk istana-istana. Ya, dikatakan jika pria yang asalnya sangat miskin ini memiliki banyak istana yang tersebar di Mesir. Tak diketahui macam apa istana yang dimiliki Qarun, tapi yang jelas itu cukup untuk membuat orang-orang Yahudi menelan ludah begitu lewat depan rumah singgah si kaya.

Qarun memiliki banyak istana tapi hampir tak ada yang tersisa pada akhirnya. Entah hancur atau dimakan zaman. Tapi, untungnya masih ada satu peninggalan Qarun yang bisa kita lihat hari ini. Kalau dilihat-lihat sih ini bukan istananya, mungkin rumah semasa Qarun masih mengemis-ngemis minta kaya kepada Nabi Musa.

 

  1. Ratusan Kuda Terbaik Dengan Pernik yang Sangat Mewah

Kuda yang dihias (ilustrasi)

Sebagai orang kaya yang hartanya sudah tak bisa dihitung lagi, jelas Qarun tak perlu bekerja. Buat apa? Meskipun begitu Qarun memiliki satu aktivitas rutin yang pasti dilakukannya dalam satu rentang waktu. Ya, pamer-pamer harta yang seperti parade karnaval Brasil itu.

Hal yang unik dari parade pamer harta ini adalah kuda-kuda Qarun. Ya, mereka adalah jenis yang paling mahal dan terbaik. Tak hanya itu, kuda-kuda ini dihias dengan sangat-sangat mewah. Mereka diberi pelana mentereng serta ornamen-ornamen dari emas dan perak. Satu kuda dengan hiasan macam ini konon harganya sangatlah mahal. Qarun punya ratusan yang seperti ini.

 

  1. Qarun Juga Punya Bala Tentaranya Sendiri

Balatentara Qarun (ilustrasi)

Layaknya orang kaya zaman sekarang, Qarun juga memiliki banyak bodyguard. Tapi, karena ia sangat kelebihan harta, maka Qarun menyewa banyak sekali. Alhasil, ia seolah memiliki satu unit korps tentara jumlah besar sendiri.

Tugas dari para tentara ini adalah untuk menjaga Qarun serta hartanya. Atau mungkin juga bertugas untuk memikul kunci-kunci harta Qarun yang sangat berat itu. Memang mudah bagi Qarun untuk mendapatkan apa pun. Soal pasukan, sebenarnya ia juga sanggup menyewa seluruh orang Mesir untuk menjadi pengawalnya.

Baca Juga
Dinyatakan Hilang Selama 24 Jam, Jasad Aguscik Ditemukan Dibawah Kapal
Hanyut Terbawa Arus Sungai, Jasad Aguscik Masih Belum Ditemukan
Ramadhan Segera Berakhir, Jangan Lupa Keluarkan Zakat!

Inilah Qarun, pria terkaya yang namanya bahkan ada di berbagai kitab suci. Namun, meskipun sangat kaya kita semua tahu akhir dari Qarun ini sangatlah buruk. Ya, dalam sebuah parade pamer harta, tiba-tiba Bumi berguncang dan akhirnya menelan Qarun sekaligus semua hartanya. Mungkin inilah akhir yang pantas untuk orang seperti ini dan Tuhan dengan jelas menekankan kita untuk mengambil pelajaran dari kisah ini.