Memar misterius

MANAberita.com — TUBUH membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang cukup agar selalu bugar. Vitamin dan mineral tersebut bisa Anda dapatkan dari makanan dan minuman yang sehat. Saat tubuh tidak mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup, maka tubuh akan mengalami masalah yang cukup serius. Tentu saja Anda tidak mau, bukan?

Untuk mengetahui apakah asupan dan mineral Anda sudah terpenuhi atau belum, Anda bisa memperhatikan beberapa bagian dari tubuh Anda. Bagian tubuh tersebut akan membeikan tanda bahwa Anda sedang kekurangan vitamin dan mineral. Lalu, apa saja bagian tubuh tersebut?

Kulit

Kulit merupakan salah satu bagian dari tubuh yang akan memberikan tanda jika Anda kekurangan vitamin. Tanda tersebut bisa Anda lihat dari kulit anda yang berubah menjadi kering dan sedikit memar. Jika kuli Anda mudah memar, berarti Anda kekurangan vitamin K dan jika kulit Anda kering, berarti Anda kekurangan vitamin A dan E. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bisa mencukupi nutrisi tersebut, seperti brokoli, sayuran hijau, avokad, papaya, tomat, wortel, susu, dan makanan lainnya.

Rambut

Rambut yang sehat dan berkilau akan terlihat sangat indah. Untuk mendapatkan rambut indah tersebut, asupan vitamin haruslah cukup. Namun, jika rambut Anda rapuh kering, rapuh, dan rontok berarti Anda sedang kekurangan zat besi atau protein dan vitamin D. Untuk itu, konsumsilah makanan yang mengandung banyak susu atau yogurt, ikan salmon dan tuna, daging merah, sayur bayam, dan jeroan hewan.

Kuku

Kuku jari yang berwarna kuning dan rapuh akan sangat memalukan ketika terlihat oleh orang lain. Jika kuku Anda berubah menjadi kuning dan rapuh, itu mengindikasikan jika Anda kekurangan vitamin A, vitamin C, dan biotin. Untuk mengembalikan kuku jari Anda menjadi indah kembali, Anda perlu mengonsumsi wortel, susu, kedelai, jamur, mentimun, kacang-kacangan dan telur. Makanan tersebut akan membantu Anda memenuhi vitamin yang dibutuhkan oleh kuku.

Otot dan Syaraf

Apakah Anda pernah merasaka kram pada otot kaki atau tangan? Sangat menyakitkan, bukan? Jika Anda sering mengalami kram otot, maka itu tandanya Anda sedang kekurangan asupan magnesium, kalsium, protasium, dan zinc. Selain itu, kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan kaki dan tangan merasa dingin, kesemutan, dan mati rasa. Perbanyaklah mengonsumsi susu dan yogurt, brokoli, bayam, ikan tuna, salmon, dan daging merah.

Mulut

Baca Juga
Begini Cara Memutihkan Wajah Secara Alami, Cepat dan Sehat
Coba Nih Usir Komedo Pakai Daun Pandan
Sering Uring-Uringan dan Stress? Menikahlah Jawabannya!

Mengalami sariawan memang sangat menyiksa. Akan terasa sakit saat makan, apalagi makan makanan pedas. Jika Anda mengalami sariawan berarti Anda kekurangan vitamin B12, asam folat, zinc, dan zat besi. Anda perlu mengonsumsi daging, produk susu, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah untuk mencegah dan mengobati sariawan. (Dil)

(Sumber: Dokter Sehat)