Kulit mengelupas

MANAberita.com — MUSIM panas sebentar lagi tiba. Hati-hati, sengatan sinar matahari yang berkepanjangan dapat menyebabkan kulit wajah mengelupas. Kondisi ini terjadi karena kulit terlalu kering atau terbakar sinar matahari. Agar terhindar dari masalah kulit tersebut, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan yang kami lansir dari Klikdokter.

1. Dinginkan kulit

Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan saat kulit mengelupas. Mandilah dengan air dingin atau kompres bagian kulit yang mengelupas menggunakan air dingin selama 10 menit.

Loading...

Air dingin akan membantu proses pengelupasan kulit melambat serta menghilangkan rasa gatal. Saat mengeringkan kulit, tepuk perlahan dengan handuk bersih yang lembut dan hindari menggosok karena dapat memperparah kondisi kulit wajah.

2. Beri pelembap

Gunakan pelembap kulit sesering mungkin, terutama di bagian kulit wajah yang terkelupas. Pilih pelembap yang mengandung lidah buaya dan Vitamin E. Produk jenis ini dapat mengurangi peradangan, memperlambat pengelupasan, membantu penyembuhan, serta menghindari infeksi. Oleskan juga tabir surya untuk menjaga kulit tetap terlindung dari sinar matahari. Hindari pelembap mengandung parfum.

3. Jangan digaruk atau dikelupas

Terkadang Anda bisa saja merasa gemas karena ada bagian kulit yang menganga dan menarik untuk dikelupas. Hati-hati, menarik kulit tersebut akan menyebabkan infeksi. Lebih baik, gunakan gunting kecil khusus kecantikan untuk memotong kulit mati yang terkelupas. Setelah itu, oleskan salep antibakteri ke area tersebut. Anda juga bisa mengoleskan salep yang mengandung alpha hydroxyl acid ringan untuk mempercepat proses pergantian sel.

4. Cukup minum air putih

Saat berada di bawah sinar matahari, Anda akan mudah terkena dehidrasi. Pastikan asupan air minum Anda cukup. Jika Anda merasakan sakit kepala, bisa jadi gejala tersebut adalah pertanda Anda perlu minum lebih banyak air putih.

5. Eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi dengan lembut menggunakan kain hangat suam kuku, sebanyak satu kali dalam sehari, setelah sebagian besar kulit sudah mengelupas. Cukup gosokkan secara lembut dan perlahan agar tidak terjadi kerusakan lanjutan. Ulangi hingga dua kali sehari bila diperlukan.

Paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama nyatanya dapat menyebabkan kulit wajah terkelupas, sehingga membuat kecantikan kulit berkurang. Oleh sebab itu, dr. Rio Aditya menyarankan agar Anda selalu menggunakan pelindung wajah saat beraktivitas di luar ruangan.

“Sinar ultraviolet dapat meningkatkan proses peradangan dan kemerahan pada kulit wajah. Selalu gunakan tabir surya bila Anda terpapar sinar matahari,” ucapnya.

Selain itu, menurut dr. Rio perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit juga penting. Perawatan wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda dapat merusak kulit.

Agar terhindar dari kondisi kulit wajah terkelupas, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Selain itu hindari konsumsi makanan yang mengandung kadar lemak tinggi. Terakhir, berolahragalah secara teratur untuk mendapatkan kulit sehat.

Baca Juga
Darah Menstruasimu Sedikit? Waspadai 5 Penyebab ini
Rahasia Miliki Alis Tebal Bagaikan Gadis Arab Dengan Bahan Alami
Waspada! Game ini Diduga Pengaruhi Anak-Anak Untuk Bunuh Diri

“Saat olahraga, hindari penggunaan baju atau alat olahraga yang dapat mengiritasi kulit. Jangan lupa mandi, ya, setelah berolahraga,” tambah dr. Rio.

Demikianlah hal-hal yang dapat Anda upayakan untuk mengatasi kulit wajah mengelupas agar dapat menjadi halus kembali. Berkonsultasilah dengan dokter kecantikan atau spesialis kulit untuk membantu mengenali produk perawatan wajah yang tepat bagi kulit Anda. (Dil)