Air mawar

MANAberita.com — AIR mawar atau rose water memiliki banyak manfaat untuk merawat kecantikan kulit. Sayangnya banyak wanita yang belum paham bagaimana cara menggunakan air sari bunga mawar itu untuk merawat kulit. Sekedar membasahi wajah dengannya tentu tidak maksimal memberikan hasil.

Ada beberapa cara memanfaatkan air mawar untuk merawat kulit agar lebih sehat, karena ia mampu melembabkan, menjaga keseimbangan pH kulit, juga punya zat anti-inflamasi yang meredakan peradangan dan iritasi.

Sari mawar juga mengandung antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas yang memicu penuaan dini dan menimbulkan kerusakan kulit. Ia juga baik untuk mengendalikan iritasi jika kulit Anda termasuk sensitif.

Berikut ini beberapa cara memanfaatkan air mawar untuk kecantikan kulit:

Sebagai toner

Air mawar bisa menggantikan toner wajah jika persediaan Anda sedang habis. Toner sendiri berfungsi untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel di wajah, melembabkan, sekaligus menyegarkan. Idealnya digunakan pada pagi dan malam hari sebelum tidur, dengan membasahi kapas lalu menepuk-nepuk wajah dengan air mawar.

Campuran masker

Sering memakai masker? Jangan lupa untuk memakai air mawar untuk mengencerkan bubuk masker Anda ya. Tambahan air mawar bisa menambah manfaat masker tersebut. Selain untuk mengencerkan masker, bisa juga untuk mengencerkan esensial oil atau mengencerkan cuka apel agar tak terlalu pekat.

Face mist

Gunakan botol semprot untuk membuat face mist atau penyegar wajah. Masukkan air mawar ke dalamnya, lalu simpan di kulkas. Semprot wajah dengan facee mist air mawar jika suasana sedang gerah dan panas.

Pembersih make up

Tambahkan beberapa tetes minyak kelapa murni (VCO) atau minyak zaitun dalam air mawar, lalu aduk rata. Celupkan kapas dan gunakan untuk pembersih make up yang murah meriah namun ampuh.

Baca Juga
Jerawat! Inilah 4 Teh yang Bisa Mengusirnya Dari Kulitmu 
Daripada Jadi Korban, Kenali Tanda Pria Matre, Pacarmu Termasuk?
Tak Hanya Untuk Memasak, Inilah Manfaat Garam Bagi Wajah

Merawat rambut

Belum pernah menggunakan air mawar untuk merawat rambut kan? Cobalah sesekali. Caranya, campurkan dalam kondisioner saat sedang keramas. Usapkan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Diamkan beberapa saat dan bilas. Rambut akan lebih wangi, lembab dan halus. (Dil)

(Sumber: Sidomi)