Garam

MANAberita.com — SELAIN sebagai bumbu dapur, garam juga bisa dimanfaatkan dan berkhasiat bagi kecantikan. Namun, untuk mendapatkan manfaat garam bagi kecantikan, Anda harus tahu cara terbaik untuk menggunakannya baik sebagai body scrub atau mask. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Balancing Mask

Anda bisa membuat masker untuk wajah dari garam dan campuran madu. Kedua bahan tersebut, garam dan madu memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada jerawat, serta mencegah iritasi. Selain itu, keduanya juga membantu menyeimbangkan produksi minyak pada wajah, dan mempertahankan kelembapan kulit.

Anda bisa mencampurkan garam laut yang sudah lebih dulu dihaluskan kembali dengan empat sendok teh madu alami. Campurkan hingga membentuk pasta kemudian aplikasikan sebagai masker wajah. Hindari daerah mata ya. Diamkan hingga kurang lebih 15 menit. Untuk membersihkannya, basahi wash cloth menggunakan air hangat, tutupi wajah Anda menggunakan wash cloth selama kurang lebih 30 detik. Kelupas masker sembari pijit bagian wajah Anda. Setelah itu, bilas dengan air hangat, keringkan dan rutinkan.

2. Body Scrub

Manfaat garam bagi kecantikan, bisa juga dalam bentuk body scrub yang Anda buat sendiri. Garam dapat digunakan sebagai eksfoliator, membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada tubuh. Selain itu, garam juga mengandung mineral yang dapat melembutkan serta mengembalikan kelembapan alami kulit.

Untuk dapat merasakan manfaatnya, campurkan satu perempat cangkir garam dan setengah cangkir minyak zaitun atau minyak kelapa. Campur hingga menjadi pasta. Agar aromanya sedap, Anda bisa mencampurnya dengan beberapa tetes minyak esensial. Gosok scrub garam tersebut ke bagian tubuh yang ingin Anda bersihkan. Aplikasikan selayaknya scrub. Lakukan ini secara rutin untuk hasil maksimal.

3. Anti-dandruff Treatment

Baca Juga
Sttt… Ternyata Inilah Manfaat Es Batu Untuk Kecantikan
Penyebab Sariawan di Vagina dan Cara Mengatasinya
Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget

Garam, juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel. Masih dari Women’s Health, garam dapat membantu menghilangkan kotoran-kotoran di kulit kepala, merangsang sirkulasi di kulit kepala, menyerap kadar minyak berlebih pada kulit kepala, dan mencegah tumbuhnya jamur penyebab ketombe di kulit kepala.

Caranya sangat sederhana, Anda tidak membutuhkan bahan lain, cukup garam. Sibak rambut Anda, kemudian taburkan sedikit demi sedikit pada setiap sibakan rambut. Pijak kulit kepala Anda dengan lembut dan menyeluruh selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Setelahnya, bilas rambut Anda dengan shampoo anti-ketombe terpercaya.