Daripada Ngantuk di Kantor, Sebaiknya Hindari Sarapan dengan Menu ini

MANAberita.com — MENGANTUK saat berada di kantor pastinya gak nyaman banget ya. Apalagi kalau kerjaan lagi padat-padatnya. Rasa ngantuk bisa jadi momok yang sangat mengganggu aktivitas.

Kamu sering merasa kelelahan meski telah istirahat cukup? Terkadang, rasa lelah dan ngantuk saat beraktivitas gak melulu berasal dari kekurangan tidur. Sebagian besar justru berasal dari pola asupan yang keliru.

Berikut ini 10 makanan yang sebaiknya dihindari sebagai menu sarapan, jika tidak ingin merasakan kantuk selama berada di kantor.

1. Bayam

Sebagai sumber kalsium terbaik, bayam sangat direkomendasikan untuk kesehatan tulang. Kandungan kalsium pada bayam dapat membantu otak memproduksi tryptophan dan melatonin. Namun, kedua zat ini akan menimbulkan efek ngantuk.

2. Kangkung

Gak sekedar mitos, kangkung memang jadi salah satu makanan yang menimbulkan rasa kantuk. Hal itu bersumber dari zat sedatif yang ada pada kangkung.

3. Yogurt

Berdasarkan riset yang dilakukan Pusat Kedokteran Integratif di klinik Cleveland, yogurt sebagai salah satu olahan susu, dapat menyebabkan reaksi imunologis. Alhasil, reaksi ini akan menyebabkan kelelahan pada tubuh.

4. Roti gandum

Sebagian besar orang memasukkan roti gandum dalam daftar menu sarapannya. Asupan glukosa dalam roti gandum memang membuat energimu bertambah di pagi hari. Namun, glukosa dalam gandum cepat menurun dan membuatmu mengantuk.

5. Nasi

Yup, makanan nasi pasti akan membuat kamu mengantuk di pagi hari. Pengaruh indeks glikemik pada nasi memang tidak terbantahkan lagi.

6. Telur

Sarapan dengan telur ceplok bakal enak banget, deh. Eits, tapi kebiasaan itu harus kamu kurangi, bahkan tinggalkan mulai sekarang. Hindari konsumsi makanan kaya protein tinggi, seperti telur biar gak sering ngantuk di kantor.

7. Kacang-kacangan

Kacang almond, kenari, dan berbagai jenis kacang lainnya sering jadi cemilan di pagi hari. Siapa sangka, kandungan melatonin dalam kacang justru membuatmu mudah mengantuk dan kehilangan energi lebih cepat.

8. Madu

Kandungan glukosa yang tinggi pada madu dapat menyebabkan kantuk. Glukosa pada madu membuat zat orexin dalam tubuh berkurang dan menimbulkan efek ngantuk. Sebaiknya, kamu menghindari konsumsi madu berlebihan, deh.

9. Olahan keju

Kamu salah satu yang sering mengonsumsi keju saat sarapan? Mulai sekarang, baiknya kamu mengurangi keju, deh. Kandungan kalsiumnya memang sangat baik untuk tubuh, tapi tidak cocok untuk asupan pagi hari.

Baca Juga
Inilah Tahapan yang Dilakukan Dalam Program Bayi Tabung, Rela Menahan Ngeri Demi Mendapatkan Buah Hati
Walaupun Gaji Besar, Kamu Gak Akan Pernah Kaya Jika Tetap Melakukan Kebiasaan ini
Jangan Biarkan Jin Tinggal Bersamamu! Inilah Cara Mensucikan Rumah Baru

10. Pisang

Sarapan pisang di pagi hari sering dilakukan masyarakat tropis termasuk Indonesia. Magnesium dan kalsium dalam pisang sangat baik untuk tubuh. Meski demikian, rasa rileks dari vitamin B6 justru menimbulkan efek ngantuk yang tidak terhindarkkan.

Mulai sekarang, selain menjaga pola hidup sehatmu, menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuhmu tidak kalah pentingnya. Selektif gak ada salahnya, supaya harimu dapat berjalan lancar dan penuh semangat.