Ilustrasi

MANAberita.com — SIAPA yang tak suka tampil cantik dengan makeup yang on point? Tapi kamu suka bete gak sih, saat makeup-mu hanya tampil sempurna di awal saja? Baru beberapa jam, makeup sudah luntur dan bikin gayamu jadi gak maksimal. Akhirnya kamu pun harus lebih telaten mengaplikasikan ulang makeup alias touch up agar riasan wajahmu kembali cetar.

Supaya kejadian kaya gini tak terulang kembali, yuk simak tips membuat makeup tahan lama meski tanpa sering touch up!
1. Pastikan wajahmu bersih dan lembab

Sebelum menggunakan makeup, sebaiknya kamu mencuci wajah terlebih dahulu. Gunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulitmu. Hal ini bisa membantu menghilangkan kotoran pada wajah dan mengontrol minyak berlebih. Kalau tidak dibersihkan, kotoran dan minyak bisa menyebabkan makeup sulit nempel dan cepat pudar.

Setelah mencuci muka, jangan lupa untuk menggunakan pelembab atau moisturizer. Tak hanya melembabkan, moisturizer juga bisa membantu makeup jadi lebih mudah diaplikasikan pada wajahmu.
2. Jangan tinggalkan primer

Masih banyak dari kita yang kadang melewatkan step satu ini. Padahal, penggunaan primer penting kalau kamu ingin tampil dengan makeup on point seharian. Primer bisa mengunci kelembapan kulit dan membuat wajahmu menjadi lebih lembut sehingga kamu pun lebih gampang untuk memakai makeup.
3. Pilih produk makeup yang tahan lama

Sekarang ini banyak banget jenis makeup yang bisa kamu pilih. Kalau kamu ingin riasan wajah yang bisa bertahan lama, gunakanlah produk yang didesain untuk punya staying power yang kuat. Pilihlah makeup yang berlabel waterproof, water-resistant, dan long lasting agar kamu bisa tetap kece meski sudah seharian beraktivitas.
4. Aplikasikan makeup dengan teknik layer

Untuk mengaplikasikan base makeup, riasan mata, dan lipstik biasakan untuk menerapkan teknik layer. Maksudnya, aplikasikanlah produk dengan lapisan tipis dan tambahkan hingga kamu mendapat tampilan yang diinginkan.

Hal ini bisa bisa membuat makeup bertahan lebih lama ketimbang kamu langsung menggunakan banyak produk sekaligus. Dengan teknik ini makeup kamu juga akan terlihat lebih natural, girls!
5. Set makeup dengan bedak

Supaya makeup tahan lebih lama, kamu bisa set dengan menggunakan loose powder. Terlebih kalau kamu punya jenis kulit berminyak. Produksi minyak berlebih bikin riasan wajahmu jadi cepat luntur. Oleh karena itu, jangan lupa gunakan loose powder untuk daya tahan makeup yang lebih lama.
6. Hindari menyentuh wajah terlalu sering

Baca Juga
8 Penyebab Rambut Rontok ini Benar-Benar Tidak Terduga
Kamera Ponselmu Biasa Tapi Pengen Memotret Hantu yang Asli? Tenang, Ikuti Cara ini
Bukan Sembarangan, Ini Manfaat Mendengarkan Musik Sebelum Tidur

Tanpa disadari kadang kita sering menyentuh wajah. Padahal, belum tentu tangan dan jari-jarimu bersih dan bebas dari kuman. Kalau kamu punya kebiasaan seperti ini, lebih baik segera dikurangi. Salah-salah malah kamu sendiri yang membuat makeup luntur atau jadi berantakan.
7. Gunakan setting spray untuk mengunci makeup

Selain menggunakan bedak, kamu juga bisa gunakan setting spray untuk mengunci riasan wajahmu. Setting spray memiliki formula yang ampuh menjaga makeup tetap awet dan tak cepat luntur. Sama layaknya hairspray, setting spray menjadi step terakhir yang bisa kamu lakukan sebelum keluar rumah.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menjaga makeup tetap awet tanpa sering touch up. Jangan lupa untuk dipraktikkan ya, girls! (Zee)
(Sumber: IDNtimes)