Ilustrasi

MANAberita.com — KAMU masih mahasiswa? Ingin mandiri dan punya penghasilan sendiri? Kerja sampingan saja! Ada banyak kok kerja sampingan mahasiswa yang bisa kamu coba. Berikut 11 kerja sampingan mahasiswa.

Mahasiswa biasanya erat dengan masalah keuangan apalagi yang ngekos atau perantauan. Jatah uang biasanya sudah dipatok perbulan dari orangtua. Tak jarang uang ini sudah habis sebelum masa tenggang, jadilah kesusahan dan tak punya uang.

Padahal kamu juga bisa lho mandiri dengan menghasilkan uang sendiri meskipun masih mahasiswa, caranya adalah dengan kerja sampingan alias part time. Banyak macam kerja sampingan yang bisa kamu coba, dan inilah rekomendasi kerja sampingan mahasiswa.

Sebagai mahasiswa jamu harusnya bisa belajar untuk lebih mandiri, salah satunya dalam hal keuangan. Jangan hanya mengandalkan uang jatah dari orangtua. Coba untuk memberanikan diri kerja sampingan dan jadi lebih mandiri dari segi finansial.

Dengan kerja sampingan kamu bukan hanya mendapat uang tambahan, kamu juga jadi belajar banyak hal. Seperti disiplin, manajemen waktu yang baik, menambah pengalaman, mengisi waktu luang, dan lain-lain. Kerja sampingan mahasiswa apa yang bisa kita lakukan? Langsung saja yuk kita lihat daftar lengkapnya.

1. Kerja Sampingan Online

Kalau kamu tipe orang yang malas melakukan kegiatan di luar dan lebih akrab dengan dunia online, cobalah untuk mencari kerja sampingan online. Ada banyak ragamnya yang bisa kamu coba seperti penulis, penerjemah, desain grafis, dan lain-lain.
2. Mengisi Survey Online

Kalau kerja sampingan mahasiswa yang ini bisa kamu lakukan kapanpun ketika punya waktu luang. Caranya adalah mengisi survey online. Banyak situs seperti Opinion Outpost yang menawarkan bayaran jika kamu mengisi survey disana. Aplikasi khusus survey online ini juga ada lho, kamu bisa mencobanya dengan klik link di bawah.
3. Jadi Blogger atau Youtuber

Kalau kamu suka menulis maka buatlah blog. Sedangkan kalau sukanya membuat konten video maka buatlah channel Youtube. Kedua platform ini bisa kamu gunakan untuk menyalurkan hobi sekaligus mencari uang. Ada sistem bernama Google Adsense, dimana kamu akan mendapat uang dari hasil tulisan atau tayangan video kamu.
4. Driver Ojek Online

Kalau kamu punya motor dan sudah memiliki SIM, coba kerja sampingan mahasiswa dengan menjadi supir ojek online. Kesempatan ini terbuka lebar untuk siapapun, termasuk untuk mahasiswa.
5. Jasa Ketik Tugas

Tugas mahasiswa itu tidak ada habisnya, dan kebanyakan tugas pasti diminta dalam bentuk makalah yang diketik. Kamu bisa manfaatkan ini untuk kerja sampingan lho. Kamu bisa kerja sampingan mahasiswa dengan membuka jasa ketik. Bisa ketik tugas, makalah, bahkan skripsi. Kalau sudah punya laptop, gampang deh kerja ini!
6. Jadi Event Organizer

Kalau kamu suka merancang acara, coba kerja sampingan sebagai EO saja. Kamu bisa memulai dari proyek-proyek kecil dulu. Misal mempersiapkan hari kelulusan teman, merencanakan surpise ulang tahun, atau menyiapkan acara spesial untuk yang anniversary pacaran. Agar lebih mudah, bentuk sebuah tim berisikan teman-teman mahasiswa juga agar ada pembagian tugas sesuai kemampuan.
7. Jasa Dokumentasi Foto/Video

Kerja sampingan yang satu ini cocok untuk kamu yang hobi dengan fotografi atau videografi. Kamu bisa menawarkan jasa dokumentasi dalam bentuk foto atau video. Banyak event yang bisa kamu tawarkan jasa ini, seperti acara nikahan, pembuatan video profil perusahaan, atau membuat album foto pre wedding. Sebaiknya sebelum kamu menawarkan jasa, buat portofolio berisikan karya terbaikmu agar konsumen percaya.
8. Part Time di Toko atau Restoran

Salah satu kerja sampingan mahasiswa yang bisa kamu lakukan adalah dengan bekerja part time di toko atau restoran. Bisa di toko fotocopy, swalayan, cafe, restoran, dan lain-lain. Kalau ini lebih cocok untuk kamu yang sudah di semester akhir, karena biasanya kerja part time ini membutuhkan waktu yang lebih panjang.
9. Guru Les Privat

Baca Juga
Ikuti Kiki Challenge, Wanita Hamil ini Justru Alami Pecah Ketuban
Bukannya Bodoh, Bisa Jadi ini Penyebab Kamu Belum Fasih Berbicara Menggunakan Bahasa Inggris
Kesal Dikerjain Penjual Es Krim Turki, Bocah Laki-Laki ini Sampai ‘Makan Tissue’ Videonya Bikin Ngakak!

Buat mahasiswa-mahasiswa keguruan bisa nih kerja sampingan dengan menjadi guru atau tutor les privat. Selain mendapat uang, kamu juga bisa belajar menerapkan ilmu yang didapat saat perkuliahan. Privat ini ngga melulu soal pelajaran ya. Bisa juga kamu menawarkan les musik atau les olahraga, tergantung dengan kemampuanmu.
10. Olahraga yang Dibayar

Suka olahraga? Ternyata olahraga dan pola hidup yang sehat juga bisa dijadikan kerja sampingan mahasiswa lho. Coba instal aplikasi android bernama Achivement, palikasinya bisa kamu dapatkan di Play Store. Setiap kamu melakukan olahraga sesuai yang diinstruksikan aplikai ini, kamu akan mendapat reward berupa uang.
11. Pemandu Wisata

Kerja sampingan mahasiswa ini cocok kalau kamu menyukai public speaking. Apalagi kalau wilayah kampus kamu dekat dengan lokasi wisata. Kamu bisa menawarkan jasa pemandu wisata ke tiap pengunjung atau turis yang datang. Kamu bisa bekerja secara swadaya atau bergabung ke agen perjalanan wisata. (Dil)
(Sumber: Jalantikus)