Bau badan

MANAberita.com — MASALAH yang satu ini memang sangat mengganggu kenyamanan sekaligus rasa percaya diri. Ya, bau badan membuat seseorang minder dalam pergaulan. Sebenarnya bau badan timbul bukan hanya disebabkan oleh keringat, tapi juga akibat bakteri yang membandel.

Kulit menjadi tempat hidup banyak bakteri dan flora. Dua biang keladi inilah yang membuat keringat jadi berbau. Apabila Anda termasuk orang yang tidak suka deodoran, ada beberapa cara yang dapat membantu mengatasi bau badan.

1. Usahakan tubuh tetap kering Biasakanlah untuk mengeringkan tubuh Anda sampai benar-benar kering setelah selesai mandi. Terutama di area-area yang rawan bau, seperti ketiak. Jangan biarkan bakteri bereaksi dengan keringat sehingga menyebabkan timbulnya bau badan.

2. Gunakan busana dengan bahan yang berongga Jika memang Anda adalah tipe orang yang mudah berkeringat, cobalah untuk membiasakan diri mengenakan pakaian yang berongga. Pilih pakaian yang terbuat dari bahan sutra, wol, atau katun untuk sehari-hari agar keringat Anda mudah menguap yang dapat mencegah bau badan.

Baca Juga
Ini Tandanya Ada Kutu di Rambut Kemaluanmu
Sering Dianggap Enteng, Ternyata Inilah Penyebab Jauh dari Jodoh
Lhaa?? Inilah Deretan Benda Tak Lazim yang Pernah Dimakan Manusia, Salah Satunya Magnet

3. Menambahkan antiseptik cair Menjaga kebersihan diri dengan mandi secara teratur, terlebih setelah seharian beraktivitas, sudah menjadi kewajiban. Namun, menambahkan antiseptik cair ke dalam bak mandi atau cucian juga tak ada salahnya. Antiseptik tersebut dapat membantu membunuh kuman dan bakteri nakal.

4. Mengatur pola makan

Tanpa disadari, salah satu penyebab bau badan adalah makanan. Karena itulah penting bagi Anda untuk mengurangi makanan pedas dan mengandung kafein yang dapat menyebabkan keringat berlebih. Makanan seperti bawang juga dapat menyebabkan bau badan. (Dil)