Memasang dan melepas KB implan

MANAberita.com — SELAIN KB pil, ada pula metode KB yang juga banyak peminatnya, yakni KB implan atau disebut juga KB susuk.

Mengutip Hallo Sehat, KB susuk, atau dalam medis dikenal sebagai KB implan, adalah tabung plastik kecil dan fleksibel seukuran korek api, yang berisi hormon untuk mencegah kehamilan. Tabung ini (yang sering disebut susuk) akan dimasukkan (atau diimplan) ke dalam kulit lengan atas. Dengan pemakaian yang benar, sekali pasang KB implan sudah dapat mencegah kehamilan selama tiga tahun.

Susuk yang sudah dimasukkan ke bawah kulit akan melepaskan hormon progestin dengan kadar rendah untuk mencegah kehamilan. Cara kerjanya adalah dengan mencegah ovulasi (pelepasan sel telur dalam siklus bulanan). Jika seorang wanita tidak berovulasi, ia tidak bisa hamil karena tidak ada sel telur untuk dibuahi.

Progestin yang dilepaskan oleh KB implan juga akan menebalkan lendir di sekitar leher rahim (serviks). Ini akan mencegah sperma untuk memasuki rahim. Progestin juga akan menipiskan lapisan dinding rahim, sehingga jika ada sperma yang berhasil membuahi sel telur, telur tersebut akan sulit menempel pada dinding rahim untuk memulai kehamilan.

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana rasa dan sensasinya ketika proses pemasangan KB implan tersebut. Kini, beredar video pemasangan dan pelepasan implan itu.

Baca Juga
Jauhi Sifat ini Jika Tak Ingin Diselingkuhi Cowok
Baru Menikah Beberapa Bulan, Nikita Mirzani Pilih Ceraikan Dipo Latief, Ini Alasannya
Bocah 5 Tahun Flu Tak Berhenti-Henti, Ternyata Ada Benda ini di Dalam Hidungnya

Dari video yang beredar, terlihatlah bidan memasukan gunting yang cukup besar ke dalam kulit lengan wanita. Tak hanya itu, proses pelepasan pun nampaknya begitu menyakitkan.

Pasalnya, si bidan ‘mengobok-obok’ kulit pasien karena berusaha menemukan dimana posisi si alat implan ini. Tak ayal, video ini membuat siapapun yang melihatnya menjadi merindinh.

Masih mau meremehkan wanita? (Dil)