Khabib Nurmagomedov

MANAberita.com — BEBERAPA hari terakhir, nama Khabib Nurmagomedov sedang ramai dibicarakan banyak orang usai kemenangannya atas Conor McGregor dalam gelaran UFC 229.

Selain mempertahankan sabuk juara kelas ringan, kemenangan Khabib saat menghadapi The Notorious sekaligus menambah rekor kemenangannya menjadi 27 kali dan belum pernah sekalipun menderita kekalahan.

Meskipun selalu menang, ternyata banyak hal yang harus dikorbankan oleh The Eagles, salah satunya kondisi telinganya yang terlihat berbeda dengan orang-orang pada umumnya.

Buat kalian yang belum tahu, kondisi yang dialami pada telinga kanan petarung UFC asal Rusia itu biasa dikenal dengan sebutan cauliflower.

Jadi, penderita cauliflower ini bagian luar telinganya dipenuhi oleh pembuluh-pembuluh darah dibandingkan dengan tulang.
Apa Penyebabnya?

Penyebab paling umum dari penderita telinga cauliflower adalah adanya pukulan yang berulang di telinga dan menyebabkan adanya gumpalan darah penghalang aliran darah serta nutrisi.

Ketika aliran darah terhambat, kartilagi yang terkena bisa mati dan secara otomatis melipat sendiri karena nggak adanya jaringan pendukung.

Parahnya, jika nggak segera ditangani nantinya bisa menyebabkan gangguan pendengaran, sakit kepala, bahkan membuat pandangan mata menjadi kabur.

Kalo dilihat dari pekerjaan Khabib, hal ini sangat mungkin terjadi karena doi sering sekali menerima pukulan ketika tengah bertanding sehingga menyebabkan trauma langsung ke daerah telinga.
Bagaimana cara pencegahannya?

Pasti dalam olahrga boxing kalian semua sering liat atlet-atletnya menggunakan pelindung kepala yang mirip seperti helm?

Nah, itu dia! Untuk mencegah terjadinya telinga cauliflower, para atlet yang memainkan olahraga seperti boxing, gulat, tinju, rugby, maupun yang bisa membahayakan telinga biasanya akan disenjatai dengan alat semacam helm yang dinamai headgear sob.
Cara Mengatasi

Terus gimana sih kalo udah terlanjur menderita cauliflower? Tenang, bisa diatasi kok, meskipun nggak bisa dipulihkan dengan mudah.

Untuk mengatasinya kamu bisa berkunjung ke ahli bedah plastik sebelum nantinya akan diadakan pembedahan untuk mengangkat jaringan rusak yang ada di telinga kalian.

Baca Juga
Viral Video Ibu Hamil Hendak Bunuh Diri Dari JPO, Motifnya Tidak Masuk Akal
Kasihan! Sudah Diguncang Gempa, Pengungsi Palu Justru Diteror Hantu Pokpok
Takut Terkena Razia Satpol PP, Pedagang Kaki Lima Nekat Tinggalkan Anaknya yang Tengah Tertidur di Jalan

Satu hal yang perlu diingat, penderita cauliflower harus segera penanganan karena kalo terlalu lama dibiarkan, nantinya bisa menyebabkan banyak kerusakan pada telinga karena kurangnya alirah darah pada daerah tersebut.

Well, sekarang udah tahu kan ya kalo bisa dicegah lah daripada nanti telinga kalian terlanjur terkena cauliflower.

Seperti pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati kan? (Dil)
(Sumber: HAI online)