Monyet liar

MANAberita.com — APA jadinya jika hewan liar diambil anak manusia, apakah akan muncul Tarzan atau Mowgli seperti di film-film? Nyatanya tidak. Seorang bayi malang di Uttar Pradesh, India harus kehilangan nyawanya usai ‘diculik’ seekor monyet ketika berada di pangkuan sang ibu.

Bayi malang tersebut, seperti dilansir oleh Suratkabar dari CNN pada Rabu (14/11), tewas secara mengenaskan setelah mendapatkan serangan pada bagian wajah. Insiden tragis tersebut terjadi di sebuah desa di dekat Agra, Uttar Pradesh, Senin (12/11) petang waktu setempat.

Loading...

Asisten Inspektur Kepolisian Agra, Abhishek mengungkapkan bahwa para tetangga langsung bertindak begitu mendengar teriakan ibu bayi tersebut. Diketahui, bayi berjenis kelamin laki-laki yang menjadi korban penculikan monyet itu baru berusia 12 hari.

“Mereka melemparkan batu ke arah monyet itu untuk memaksanya menjatuhkan sang bayi. Tapi saat monyet meninggalkan sang bayi, monyet itu telah menyerangnya sangat para di wajah,” ujar Abhishek ketika dimintai konfirmasi.

Warga menemukan bayi tersebut di bagian teras dari sebuah rumah dalam kondisi tidak lagi bernyawa. Menurut hasil pemeriksaan lebih lanjut, kepolisian setempat menyebut bahwa luka-luka yang dialami si bayi malang menunjukkan ia mendapatkan gigitan pada bagian wajah.

Di tahun yang sama, tepatnya pada Jumat (30/03) lalu, insiden serupa juga terjadi di India. Seorang bayi berusia 16 hari di kawasan Odisha, India, harus meregang nyawa lantaran diculik monyet. Jasadnya ditemukan tenggelam dalam sumur.

Ketika itu ia sedang tidur di balik jarring antinyamuk di rumahnya. Tiba-tiba seekor monyet masuk dan membawa kabur bayi malang tersebut dari tempat tinggalnya. Diketahui, si penculik bayi tersebut adalah jenis rhesus macaque yang memang banyak ditemukan di India.

“Sang ibunda mengatakan dirinya melihat seekor monyet membawa pergi anaknya. Dia melontarkan peringatan, tapi monyet itu dengan cepat melompat ke atap dan menghilang dari pandangan,” jelas seorang pejabat kepolisian setempat, SM Baral kepada AFP.

Langkah pencarian pun dilakukan oleh pihak kepolisian dibantu para penjaga hutan. “Kami meluncurkan upaya pencarian bersama para penjaga hutan. Kemarin (Minggu (01/4), bayi itu ditemukan telah tewas di dalam sebuah sumur,” tambah Baral kemudian.

Baca Juga
Tak Rela Ditinggal Mati, Pria Depok Ini Nekat Menyimpan Jenazah Istrinya hingga Membusuk
Kejam! Tak Beri Restu, Ayah ini Justru Cungkil Mata Putranya
Terungkap! Inilah Sosok Perekam Adi Saputra Saat Bakar STNK

Kasus serangan monyet terbilang cukup sering ditemukan di India. Khususnya di wilayah Ibu Kota New Delhi. Pasalnya, kantor pemerintahan setempat di New Delhi sendiri memang dikelilingi puluhan monyet yang bergelantungan di ranting pohon maupun bersantai di atas trotoar.

Berdasarkan data dari Pemerintah New Delhi, tercatat setidaknya ada 268 kasus gigitan monyet di wilayah mereka pada tahun 2016. Untuk itu, pada 2016 Pemerintah India langsung menyetujui proyel awal pengendalian populasi binatang liar dengan menggunakan kontrasepsi, termasuk monyet. (Dil)