Sindoor

MANAberita.com — PECINTA Bollywood mana suaranya? Kamu para pecinta Bollywood pasti seringkan menonton film Bollywood yang ada scene pernikahannya? Pernah gak melihat riasan wajah maupun perhiasan pengantin wanitanya dan terkagum melihat keunikannya? Pasti pernah kan!

Nah, ada juga sindoor yang biasa dikenakan pengantin wanita saat acara pernikahan. Ternyata sindoor di dahi wanita India itu memiliki makna lho! Gak sekedar riasan wajah kok, berikut beberapa maknanya yang dikutip dari IDNtimes.

1. Dikenakan antara belahan rambut lebih tinggi dari dahi

Kamu pasti sering melihat di film Bollywood ketika ada pengantin wanita berdandan sangat cantik dengan riasan di wajahnya, salah satunya ciri khas sindoor yang dikenakan antara belahan rambut lebih tinggi dari dahi pengantin wanita.

2. Sindoor terbuat dari bubuk vermilion

Sindoor terbuat dari bubuk vermilion. Warna merah melambangkan warna kekuasaan sedangkan bubuk vermilion sendiri melambangkan simbol energi dari seorang perempuan. Dalam bangetkan maknanya guys?

3. Khusus untuk wanita yang sudah menikah

Sindoor hanya diberikan pada wanita yang telah menikah ya. Jadi, kalau yang belum menikah gak boleh ya! Dan yang boleh memberikan tanda sindoor pertama kali kepada seorang wanita hanyalah suaminya sendiri, gak boleh orang lain. Nah,untuk upacara pemberian sindoor sendiri sering disebut sindoor-dana.

4. Tidak boleh dihapus sembarangan orang

Nih guys, jika sang suami telah meninggal dunia, maka sindoor pun harus dihapus. Dan tidak boleh lho dikenakan lagi. Tetapi menghapus sindoor pun ada aturannya, yaitu hanya boleh dihapus oleh ibu mertua atau kakak ipar.

Baca Juga
Walaupun Gaji Besar, Kamu Gak Akan Pernah Kaya Jika Tetap Melakukan Kebiasaan ini
Terlalu Lama Menunggu Istri Belanja di Mall, Pria ini Lakukan Hal Tak Terduga, Greget Abis!
Ngeri! Inilah Detik-Detik Serda Darma Aji Dikeroyok Rekannya Di Tempat Billiard

5. Makna kesetiaan dan nasib baik

Bukan hanya riasan wajah pastinya. Sindoor memilki makna yang khusus. Orang-orang India percaya sindoor melambangkan kesetiaan wanita India kepada suaminya dan sebuah pertanda nasib baik.

Nah guys, kalau selama ini melihat film Bollywood atau pernah melihat langsung acara pernikahan adat India, jangan salah kaprah lagi ya! Sindoor gak hanya sekedar riasan wajah kok, namun juga memiliki makna khusus. (Dil)