Ilustrasi

MANAberita.com — BERBAGAI modus baru pembegalan muncul. Para begal sudah tidak lagi mempedulikan waktu dan lingkungan. Meskipun di jam sibuk dan berada di kawasan ramai, mereka tetap nekat beraksi.

Berikut adalah beberapa tips dari mantan begal yang rangkum dari Jitunews.

– Biasanya sasaran para begal adalah para karyawan yang baru pulang kerja, terutama wanita. Mereka terlihat dari posisi berkendara seperti mengantuk, lelah, dan tubuh miring seperti malas.

Usahakan berkendara dalam kondisi tidak mengantuk. Jika terpaksa, selalu ajak teman atau seseorang untuk berkendara bersama.

– Jangan berkendara dengan kecepatan tetap. Salah satu sasaran empuk para begal adalah pengendara yang berjalan dengan kecepatan konstan dan tidak mengubah kecepatan selama kurang lebih 5 menit.

Karena itu sesekali tambah kecepatan. Para begal biasanya agak berpikir panjang untuk menyerang calon korban yang terlihat lihai berkendara.

Baca Juga
Ingin Terkenal! Sekelompok Pelajar Jadikan Sholat Sebagai Bahan Lelucon
Sinetron Indonesia Tampilkan Adegan Vulgar, Warganet: Mending Nonton Film Azab
Pelaku Penganiaya Istri yang Terekam CCTV Rupanya Seorang Dosen! Begini Kronologinya

– Banyak pengendara motor memakai kaca spion yang kecil dan tidak standar, atau bahkan tidak memakai spion sama sekali. Perlu diketahui, para begal suka sekali dengan motor yang tanpa spion agar mereka tidak terpantau saat beraksi.

– Begal sering mengincar motor yang standar dan tidak terlalu banyak dimodifikasi. Alasannya, selain lebih mudah dijual, juga sulit terpantau di jalanan.

Jika begal terus mengejar, jangan biarkan mereka melewati motor. Jika Kamu berani, pepet roda depan mereka dengan roda belakang kita, atau tendang roda depannya. (Dil)