Cireng

MANAberita.com — CAMILAN pedas memang selalu menggiurkan, rasanya tetap pas di lidah, meski efeknya bisa bikin panas. Camilan pedas juga selalu jadi teman setia yang menjauhkanmu dari rasa malas karena rasa pedas bisa meningkatkan gairah. Kalau sedang belajar dan begadang misalnya, bagaimanapun caranya, camilan pedas harus selalu ada.

Kalau sekarang kamu sedang bingung mau ngemil atau lagi hemat tapi nggak tahu masak apa di kost’an, berikut rekomendasi 7 resep camilan pedas yang gampang banget bikinnya, tapi jangan ditanya rasanya. Dijamin nendang deh pedasnya!

1. Kenalin cilung alias aci digulung, saudaranya cilok yang rasanya jauh lebih ‘menonjok’!
Siapin tusukannya dulu ya sebelum mencoba resepnya!

Bahan:
2 sdm tepung sagu
8 sdm air
2 butir telur ayam
Merica (dihaluskan) secukupnya
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya (untuk olesan)
Abon cabe pedas secukupnya (untuk taburan)

Cara membuat:
1. Larutkan sagu dan air dalam mangkuk.
2. Kocok telur dan tambahkan merica serta garam.
3. Siapkan wajan lalu olesi dengan minyak goreng.
4. Masukkan 2 sdm larutan sagu, lebarkan dalam wajan.
5. Tambahkan 2 sdm telur kocok sampai menyatu dengan sagu.
6. Taburkan isian (abon cabe pedas).
7. Setelah permukaan tampak matang, gulung aci dengan lidi atau kayu tipis.

Ngemil cilung sambil nonton drama Korea udah paling cocok nih!
2. Kamu mungkin sudah kenal seblak, camilan basah yang pedasnya nggak main-main

Karena kalau kurang pedas rasanya kurang enak, kamu bisa tambah jumlah cabainya sesuai seleramu, ya!

Bahan:
50 gr kerupuk kemplang
50 gr makaroni
3 siung bawang putih
5 cabai rawit
1 ruas kencur
1 buah tomat
Penyedap secukupnya
Cabe bubuk secukupnya
Gula pasir secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat:
1. Haluskan bawang putih, kencur, cabai dan tomat.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum.
3. Tambahkan air, bumbu penyedap, dan gula pasir.
4. Masukkan kerupuk dan makaroni.
5. Tambahkan cabe bubuk dan masak kerupuk hingga lunak.

Sajikan panas-panas!
3. Kentang terlalu mahal untuk ukuran kantong anak kost’an, coba ganti dengan terong krispi pedas!

Terong sangat jauh lebih murah dari kentang, tapi rasanya nggak jauh beda. Sama aja enaknya!

Bahan:
1 buah terong (potong bulat)
Tepung bumbu secukupnya
Air es secukupnya
Minyak goreng
Garam halus secukupnya
Bawang putih halus secukupnya
Abon cabe secukupnya

Cara membuat:
1. Larutkan tepung bumbu dengan garam, bawang putih, dan air es. (jangan terlalu encer)
2. Balut terong dengan adonan tepung bumbu.
3. Goreng dalam minyak panas sampai kekuningan.
4. Angkat dan sajikan dengan taburan abon cabe.

Dicemil oke, dijadikan lauk juga kece!

4. Cireng harus tetap jadi pilihan, kalau bisa sih bikin sendiri biar lebih sehat dan aman
cireng enak!

Kalau beli belum tentu sehat, tapi kalau bikin sendiri jatuhnya bisa lebih aman untuk dikonsumsi.

Bahan:
400 gr tepung sagu
150 gr tepung terigu
Air panas secukupnya
6 buah cabai rawit
1 bungkus abon cabai rasa original
1 kaleng kornet (bisa diganti sosis atau ayam)
Terasi bakar secukupnya
1 bungkus penyedap rasa sapi
lada bubuk secukupnya
1 butir telur
3 siung bawang putih
minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
1. Campurkan tepung sagu dan terigu.
2. Haluskan bumbu dan masukkan ke dalam tepung.
3. Tambahkan penyedap rasa, lada, telur, dan air panas.
4. Aduk hingga kalis.
5. Tumis kornet (atau sosis/ayam) dan abon cabai
6. Bentuk adonan dan masukan isian.
7. Goreng dalam api kecil sambil ditusuk garpu hingga matang.
5. Hanya dengan 2 potong tahu, kamu bisa bikin camilan satu piring. Wajib banget nyoba!

Resep ini cocok banget buat kamu yang uangnya pas-pasan tapi hobi makan cemilan ?

Bahan:
2 potong tahu
4 siung bawang putih
Garam
Air
Tepung bumbu serbaguna
Tepung terigu
Minyak goreng
Bubuk cabai

Cara membuat:
1. Potong tahu jadi kotak-kotak kecil.
2. Rendam tahu dengan air.
3. Masukkan geprekan bawang putih dan garam.
4. Diamkan 15-30 menit.
5. Campur tepung bumbu serbaguna dan tepung terigu (50:50).
6. Gulingkan tahu di terigu sampai rata.
7. Goreng sampai kecoklatan. Angkat dan campurkan dengan bubuk cabai.
6. Jamur krispi juga nggak boleh dilupain, harga standar tapi rasanya dijamin….
Kriuk…kriuk… pas banget buat nemenin kamu pas lagi banyak tugas atau kerjaan nih!

Bahan:
Jamur tiram (potong memanjang)
250 gr tepung
1 telur ayam
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada
Bubuk cabai

Cara membuat:
1. Kocok telur dan tambahkan garam.
2. Campurkan tepung dengan merica sampai merata.
3. Panaskan minyak. Masukkan jamur ke dalam telur lalu tepung dan goreng.
4. Jika sudah kecoklatan, angkat dan tiriskan lalu beri bubuk cabai.
7. Lagi pengen makaroni goreng pedas? Nggak usah beli, mending hemat uang dan bikin sendiri!

Kelihatannya sih susah, padahal bikin makaroni goreng sendiri jauh gampang, lho. Cobain, yuk!

Baca Juga
5 Resep Omelet Enak dan Kekinian, Dijamin Gak Bakalan Bosen!
House Of Merich, Surganya Makanan Kekinian dan Enak di Palembang
Bisnis Kue Ayu Ting Ting Beda dengan Artis Lainnya : Harga Lebih Merakyat

Bahan:
150 gr makaroni
21 gr abon cabai
1 sdt tepung terigu
250 ml air
minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
1. Masukkan air ke dalam panci dan tambahkan 3 sdm minyak goreng agar makaroni tidak lengket.
2. Rebus makaroni selama 10 menit.
3. Tiriskan makaroni lalu siram dengan air.
4. Buang air dan taburi tepung terigu agar tidak lengket saat digoreng.
5. Goreng hingga keemasan, angkat dan masukkan ke dalam toples.
6. Masukkan bumbu ke dalam toples dan kocok hingga bumbu bercampur.

Wah, dijamin nggak bakal ngantuk nih! (Dil)