Ilustrasi

MANAberita.com — BAHASA tubuh berbicara lebih lantang daripada bahasa lisan kita, begitulah kata para Ahli Kinestesik. Kita bisa melakukan pengamatan atas respon orang lain terhadap kita dengan mempelajarinya.

Ada perilaku bahasa tubuh tertentu yang tidak dapat diatur oleh kesadaran manusia. Gerakan-gerakan itu akan mengungkapkan rasa suka atau tidak suka.

Menurut mantan agen Federal Bureau of Investigation (FBI) Joe Navarro, ada petunjuk sederhana yang harus dicari kalau Anda ingin memastikan rekan kerja tidak menyukaimu.

Tanda pertama
Terjadi pada kontak mata dan terjadi tanpa sadar.

“Pupil mata menyempit ketika kita melihat hal-hal yang tidak kita sukai dan melebar ketika kita melihat sesuatu yang indah,” ujar ahli bahasa tubuh dan penulis The Dictionary of Body Language, dikutip dari Independent.

Untuk mengatur itu sangat sulit dilakukan oleh manusia. Pupil mata akan bisa menunjukkan sesuatu atau seseorang yang disukai atau tidak, bahkan bayi pun melakukan tanda tersebut.

Yang kedua
Kaki. Mata bukanlah satu-satunya pemberi tanda. Kaki juga dapat mengungkapkan perasaan tidak suka pada seseorang.

“Kaki kita jarang kita kendalikan, ketika kita melihat seseorang yang memiliki masalah dengan kita, kita mungkin melihat mereka dengan sopan, namun kaki kita akan menjauh dari mereka secara naluriah,” kata Navarro.

Posisi ketika seseorang melihat kepada Anda, namun ternyata kaki dan tubuh menjauh bisa didefinisikan sebagai “penolakan ventral”. Tanda tersebut menunjukkan ketidaknyamanan.

Baca Juga
Gara-Gara Lubang di Jalanan, Mahasiswi di Riau Tewas Dilindas Truk
Jangan Pernah Memakan Makanan yang Dihinggapi Lalat! Ternyata ini Penyebabnya
Ngeri! Inilah Modus Baru Penculikan Anak, Dari Menggendong Hingga Menyebut Kehilangan ini…

Petunjuk Lain
Kalau kaki dan mata seseorang tidak cukup bercerita, ada petunjuk lain yang mungkin menunjukkan ada masalah antara Anda dan tersebut.

Menurut Navarro, menggigit bibir, rahang bergeser, lidah di pipi, dan menyentuh leher, terutama di pangkal depan leher, adalah semua tanda yang menunjukkan ada sesuatu yang salah.

Yang salah kaprah
Tanda yang paling sering dianggap menunjukkan sikap tertutup dengan lengan terlipat di dada. Padahal, menurut Navarro, sebenarnya itu hanya perilaku kenyamanan diri dan tidak boleh ditafsirkan sebagai tanda negatif. (Dil)