Ilustrasi keputihan

MANAberita.com — KEPUTIHAN adalah kondisi umum yang biasa terjadi pada wanita. Namun, tak jarang keputihan dianggap sebagai sesuatu yang sangat menakutkan bagi banyak perempuan. Selain dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, keputihan juga dapat membuat rasa percaya diri turun.

Rasa gatal atau infeksi karena keputihan bisa disebabkan oleh jamur atau Kandidiasis. Kandidiasis itu sendiri adalah infeksi yang mempengaruhi alat kelamin, mulut, kulit, tenggorokan, dan bahkan mengalir di sepanjang aliran darah.

Salah satu jenis jamur itu adalah Candida albicans yang sebenarnya sudah ada pada tubuh manusia dalam jumlah kecil dan semakin lama akan semakin berkembang dan dapat menyebabkan infeksi jamur yang dapat menyebabkan gatal dan perih.

Jika kamu mengalami hal tersebut, tak usah khawatir. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan di rumah:

1. Yogurt

Yogurt diketahui mengandung bakteri baik yang dapat membantu melawan jamur. Konsumsilah yogurt polos tanpa pemanis, karena jika menambahkan pemanis, maka infeksi akan semakin parah. Kamu dapat mengonsumsinya secara rutin atau dioleskan di area yang terkena infeksi jamur.

2. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan. Namun, rupanya bawang putih juga merupakan salah satu pengobatan rumahan yang efektif untuk mengobati infeksi jamur.

Bawang putih memiliki zat anti jamur yang dapat membantu mengobati infeksi jamur. Tambahkanlah bawang putih pada makananmu atau oleskan bawang yang sudah ditumbuk pada bagian vagina yang gatal.

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel diketahui ternyata mampu membantu meringankan infeksi jamur. Cuka tersebut dapat mengembalikan kadar asam vagina hingga normal.

Cara menggunakannya, kamu bisa membilas bagian tubuh yang terkena infeksi. Tapi gunakanlah secukupnya, karena cuka sari apel mempunyai efek yang sangat kuat.

4. Baking Soda

Baca Juga
Ungkapan ‘Ngambek Tapi Lucu’ ini Akan Membuat Pasanganmu Nahan Emosi dan Tawa
Wow! Ternyata Banyak Tertawa Bisa Turunkan Berat Badan, ini Alasannya
Haid Tidak Teratur? Mungkin ini Penyebabnya!

Baking soda dikenal mampu menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh yang berfungsi dapat meringankan gatal akibat infeksi jamur.

Tambahkanlah setengah cangkir baking soda ke dalam air dan rendamlah dirimu selama 20 menit setiap hari sampai rasa gatalnya berkurang.

Jagalah kebersihan organ intim dan tetap jaga kelembaban daerah lipatan, ya. Jangan lupa untuk rutin mengganti baju dan handuk. (Dil)