Ilustrasi

MANAberita.com — SEMUA pasangan yang sudah menikah pasti ingin memiliki momongan. Namun, bagaimana jika salah satu dari pasangan ternyata mandul? Untuk pasangan yang memiliki masalah kemandulan, tentu hamil bukanlah persoalan yang mudah. Ehh, tapi tidak boleh saling menyalahkan ya.

Karena kemandulan bisa saja terjadi pada laki laki dan perempuan. Sebenarnya mandul bisa diketahui sejak dini, meski tidak ada tanda khusus, namun kamu bisa kok mengamati ciri ciri wanita mandul sejak remaja. Apa saja? Yuk cari tahu ciri ciri wanita mandul dan penyebabnya!

Loading...

Ciri Ciri Wanita Mandul Sejak Remaja

– Terlalu Kurus atau Terlalu Gemuk

Berat badan yang sangat rendah dapat
mengakibatkan seorang wanita mandul. Berat badan kurang ini bisa disebabkan beberapa hal. Pertama mungkin si wanita tersebut berolahraga terlalu keras, sehingga merusak hormon dan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Kedua, diet tanpa lemak juga bisa membuat berat badan turun drastis, dan ini mengacaukan sistem hormon dan wanita menjadi tidak subur. Berat badan berlebih pun juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan.

– Siklus Mentruasi Teratur

Wanita bisa saja mentruasi dalam waktu yang singkat, namun terkadang ada wanita mentruasi dengan darah yang banyak sekali mengeluarkan darah atau mentruasi berhenti sama sekali. Hal ini menunjukkan bahwa tubuh tidak mengalami ovulasi sehingga tidak ada sel telur. Ini artinya masalah yang berat, wanita yang mengalami siklus mentruasi seperti ini tidak akan bisa hamil kecuali dengan perawatan khusus.

– Endometriosis

mengalami kram perut ketika menstruasi bisa jadi ciri ciri wanita mandul sebelum menikah. Namun tidak semua kram perut adalah ciri wanita mandul. Kram perut yang terjadi adalah kram perut yang parah, kesakitan saat berhubungan intim, sakit pada area dubur atau keluar darah ketika buang air kecil, nah itu bisa jadi gejala endometriosis yang menyebabkan wanita mandul.

– Usia Diatas 35 Tahun

Jika kamu adalah wanita dengan umur di atas 35 tahun maka tingkat keberhasilan mengandung itu sangat kecil. Pada usia 30 tahun peluang hamil seorang wanita adalah 20%, namun peluang tersebut akan turun hingga 5% jika kamh menginjak usia 40 tahun. Jadi jika kamh saat ini berusia 35 tahun dan tidak ada tanda tanda kehamilan setelah 6 bulan aktif berhubugan intim, maka segeralah ke dokter ya.

– Keguguran Lebih dari 3 kali

Jika kamu pernah mengalami keguguran lebih dari 3 kali, maka peluang kamu untuk memiliki anak sangat kecil.

– Libido Menurun Drastis

Jika kamu terlalu stress maka hal tersebut dapat menyebabkan menurunnya libido. Jika gairah menurun, maka kamu akan sulit untuk hamil.

– Ciri wanita subur

– Berat Badan Ideal

jika kamu termasuk wanita dengan berat badan yang ideal maka itu adalah kabar bahagia. Karena dengan berat badan yang ideal, maka kamu memiliki hormon seimbang yang diperlukan untuk ovulasi dan membantu embrio baru tumbuh dan berkembang.

– Tidak Ada Masalah Reproduksi

masalah reproduksi itu berupa infeksi, peradangan, endometriosis, PCOS, fibroidmiom, kisra, dan penyumbatan saluran tuba falopi.

– Gaya Hidup Sehat dan Aktif

Baca Juga
Disia-Siakan? Begini Cara Balas Dendam Agar Dia Merasa Kehilangan
Mengenal Kanker Paru-Paru yang Merenggut Nyawa Istri Indro Warkop, Ternyata dari Asap Rokok!
20 Ciri-Ciri Wanita Setia, Kamu Termasuk?

menghindari kebiasaan merokok, minum minuman keras, tidak mengonsumsi narkoba, dan rajin berolahraga dapat membuat kamu sehat. Jika kamh memiliki gaya hidup sehat, maka peluang untuk hamil sangatlah besar.

Nah, itu tadi ciri ciri wanita mandul dan penyebabnya. Yuk kamu terapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang. Ternyata gaya hidup sehat bisa mempengaruhi kebahagiaan kita di masa depan, lho. (Alz)