MANAberita.com – SEBAGAI manusia biasa yang senantiasa ditempeli bakteri dan mengeluarkan keringat, wajar kalau pada saat-saat tertentu tubuhmu mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Dilansir dari idntimes, entah keringat setelah olahraga, napas setelah bangun tidur, atau bahkan seusai bekerja seharian mulai pagi hingga sore.

Loading...

Percayalah, tubuh yang menguarkan aroma kurang sedap merupakan hal wajar. Walau begitu, kamu perlu untuk meninjau kembali. Pasalnya, ada pula kalanya aroma tersebut merupakan indikasi gangguan kesehatan tubuhmu. Terutama bila kamu mengenali bau yang sangat kuat dan tidak segera pergi, bahkan setelah kamu menggosok gigi, mandi dengan bersih, dan lain sebagainya. Ada baiknya kamu segera mengecek kesehatan.

 

1. Napas bau 

Aroma napas tidak sedap setelah bangun tidur? Cukup normal kok, terutama kalau kamu lupa atau malas menggosok gigi di malam hari setelah makan atau minum (selain air mineral ya).

Barulah jika mulutmu tetap mengeluarkan napas yang berbau apalagi sangat kuat bahkan setelah mencuci gigi dan menggunakan mouthwash, kamu perlu merasa khawatir. Segera berkunjung ke dokter gigi kepercayaanmu untuk diperiksa. Kemungkinan bau ini pun sangat banyak, seperti penyakit gusi, kerusakan gigi, sinusitis, infeksi tenggorokan, atau bahkan infeksi paru.

 

2. Napas yang tercium manis 

Ada juga lho, napas yang tercium ‘manis’. Sayangnya, ini bukan pertanda yang bagus. Sebaliknya, napas yang manis justru merupakan indikasi yang sangat potensial bahwa kamu terkena diabetes.

Baca Juga
Sering Diabaikan, Inilah Tanda-Tanda Kanker Mulut
Ngeri! Usai Makan, Wanita Ini Tiba-Tiba Hamil, Ternyata Penyebabnya….
Astaga! Pasang Kawat Gigi, Remaja Cantik ini Nyaris Meregang Nyawa, Ternyata Penyebabnya…

Aroma seperti ini bisa jadi tanda bahwa kadar gula darah dalam tubuh meningkat. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi ketika sedang berpuasa atau bila menjalani diet tinggi protein.

Next…