MANAberita.com – SEPERTI yang sudah kamu tahu, ginjal memiliki banyak sekali fungsi dalam tubuh seperti menyaring dan membersihkan darah, membentuk urin, membentuk kadar asam dalam tubuh, mengontrol tekanan darah dan masih banyak lagi.

Makanya, gak kebayang kalau ginjal sampai tidak bekerja seperti seharusnya. Kamu patut waspada, berikut adalah 7 tanda ginjalmu tidak bekerja dengan baik. Jangan sampai kamu mengabaikannya saja kalau kamu merasakan beberapa tanda di bawah ini, ya!

1. Sulit Tidur

Kalau ginjal tidak bekerja dengan baik, berarti racun tidak bisa keluar dari tubuh melalui urin dan tetap berada dalam darah. Peningkatan kadar toksin ini bisa membuat penderita mengalami kesulitan tidur dan meningkatkan penurunan fungsi ginjal.

Kamu perlu waspada, kalau kamu mengalami sleep apnea atau gangguan tidur serius di mana nafas sering berhenti saat tidur, maka itu tandanya ginjalmu sudah dalam keadaan parah.

2. Pusing, kelelahan dan merasa lemas

Ginjal yang sehat dan berfungsi baik akan mengubah vitamin D tubuh untuk menghasilkan hormon pembentuk tulang yang bernama Erythropoietin.

Hormon itu adalah hormon penting untuk pembentukan sela darah merah. Tapi, kalau ginjalmu tidak berfungsi dengan baik maka tidak bisa menghasilkan hormon tersebut dengan maksimal sehingga kamu akan cepat mengalami kelelahan dan sakit kepala.

Baca Juga
Menakjubkan! Ternyata Ikan Teri Sangat Baik Untuk Kesehatan
Terungkap! Inilah Beberapa Kebiasaan yang Dapat Menimbulkan Komedo Putih
Jangan Dianggap Enteng! Inilah Resiko Membiarkan Rambut Basah Terlalu Lama

Next… Jangan Diremehkan ya…