MANAberita.com — SECARA umum, bagian tubuh seperti tangan, dan kaki, memiliki kulit yang nampak lebih gelap dibandingkan wajah. Hal ini sesungguhnya cukup wajar, karena bagian ini lebih sering terpapar sinar matahari.

Tapi ternyata selain itu ada juga hal-hal lain yang bisa jadi penyebabnya. Apa saja?

Kulit yang menghitam disebabkan oleh terlalu banyaknya kandungan melanin
Penyebab Kulit Tubuh Menghitam
Warna kulit yang cenderung gelap dapat terjadi karena terlalu banyaknya kandungan melanin atau melanosit yang terlalu aktif. Perubahan warna kulit ini seringkali terjadi secara perlahan. Umumnya, hal ini di mulai dari siku, buku jari, dan lutut lalu menyebar menuju area sekitarnya.

Beberapa kondisi mungkin bisa menyebabkan daerah kulit kaki dan tangan menjadi lebih hitam dari bagian tubuh lainnya. Paparan sinar matahari adalah hal yang paling umum menyebabkan hal ini.

Selain itu, beberapa kondisi medis bisa juga menyebabkan hal ini. Berikut ini adalah kondisi medis yang mungkin akan menyebabkan kulit lebih hitam dari sebelumnya:

Baca Juga
Si Kecil Kurang Bergerak di Dalam Perut? Rangsang Pakai Cara Mudah ini, yuk!
Jerawat di Area Kewanitaan? Ternyata ini Penyebabnya!
Daripada Malu Karena Tembus di Tengah Jalan, Mending Cobain Alternatif Pembalut yang Ampuh Banget
  • Kelebihan zat besi atau hemokromatis.

-Penyakit endokrin, misalnya penyakit Addison.

  • Memiliki riwayat peradangan kulit, biasa disebut hiperpigmentasi pasca-inflamasi.
  • Penggunaan obat tertentu, misalnya minocycline.

Untuk mengatasinya, ada berbagai langkah yang dapat dilakukan. Jika alasan medis dan pengobatan penyebabnya, diskusikanlah dengan dokter untuk mengatasi kondisi medis ataupun alternatif pengobatan yang bisa diberikan.

Jika paparan matahari yang mendasarinya, melindungi kulit menggunakan tabir surya, menggunakan pakaian tertutup, hingga perawatan alami serta medis dapat dilakukan. Apapun yang kamu pilih, pastikan dulu keamanannya ya! (Ila)