Ceker mercon kuah

MANAberita.com — MEMBUAT sajian ceker dirumah memang sangat jarang diminati oleh ibu-ibu dirumah, karena selain membuatnya sulit, biasanya Ibu-ibu di rumah sudah malas duluan untuk membersihkan ceker dan harus memotongi kukunya yang cukup memakan waktu yang lama dan juga melelahkan.

Namun, kini ceker ayam sudah menjadi favorit banyak orang karena pengelolaan yang enak, yakni ceker mercon pedas, yuk intip resepnya

Bahan-Bahan:

Loading...

1 kg ceker yang bersih

Bumbu Halus

3 siung bawang merah

2 siung bawang putih

5 buah cabe merah besar

15 sd 20 buah cabe rawit merah/orange

1/2 buah tomat merah

Bumbu Tambahan:

3 buah daun salam

1 sereh

1/2 buah jeruk nipis

potongan daun bawang secukupnya

Baca Juga
Mengharukan! Meskipun Sedang Dirawat, Pasangan Asal Yogyakarta ini Menikah di Rumah Sakit, Penyebabnya Bikin Mewek
Lagi Nyantai di Rumah, Pasangan Lansia Tewas Dibacok Tetanga
Bejat! Istri Bekerja, Pria ini Nyaris Perkosa Putri Kandungnya yang Berusia 7 Tahun!

Cara Membuat:

  • Bersihkan 1 kg ceker yang sudah dipotongi kuku dan dikupas kulitnya. Cara mudah memotong kuku ceker dengan cepat adalah dengan menggunakan gunting yang bersih. Awali dengan memotong jari ceker paling panjang, kemudian jari ceker yang agak panjang sekaligus 2 jari, lalu memotong kuku ceker paling pendek. 1 kg ceker biasanya berisi 40 sd 45 buah ceker.
  • Setelah dipotong bersih, cuci bersih hingga airnya benar-benar bersih dan tidak bau amis. Siapkan daun salam, sereh, dan setengah potng jeruk nipis. Lalu masukan semuanya kedalam presto dan tambahkan air hingga ceker terendam air. Tambahkan garam sedikit. Presto sampai 10 sd 15 menit. Matikan,
  • Siapkan ulekan, masukan garam dan gula sedikit, lalu rebus terlebih dahulu cabe-cabeannya. Hal ini dilakukan agar cabe mudah untuk digerus. Lalu, masukan cabe yang sudah direbus, tomat, bawang merah dan bawang putih. Uleg hingga sedikit halus.
  • Siapkan wajan bersih, masukan minyak hingga panas. Lalu masukan bumbu yang telah diuleg bersama dengan salam. Tunggu hingga wangi, lalu masukan 1 gelas air atau sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda ingin ceker berkuah, bisa ditambahkan atau dikurangi.
  • Setelah dimasukan air hingga mendidih, lanjut masukan ceker yang sudah empuk (air rebusannya wajib dibuang). Lalu test rasa, masukan bawang daun dan matikan kompor. Ceker kuah mercon pedas yang enak dan sederhana pun sudah selesai dibuat dan bisa dimakan untuk 5 orang!

Bagaimana cara membuat ceker kuah mercon pedas yang enak dan sederhana? Cukup mudah, bukan? (Alz)