MANAberita.com – BERCIUMAN bukan hanya kontak fisik belaka, namun juga akan terasa lebih nikmat bila didorong oleh rasa emosi yang selaras dengan pasangan.

Di samping semakin mendekatkan hubungan satu sama lain dan memperkuat ikatan cinta, ternyata ciuman bibir juga memiliki beberapa manfaat lain bagi kesehatan tubuh kita. Anda mungkin mengernyitkan dahi, entah karena bingung atau tidak percaya.

Namun faktanya, sekelompok pakar kesehatan internasional merangkum berbagai manfaat kesehatan dari berciuman dalam sebuah buku yang berjudul The Science of Kissing. 

Anda tentu penasaran apa saja manfaat ciuman bibir bagi tubuh, bukan? Silakan simak beberapa manfaatnya berikut ini, dan bagikan kepada pasangan Anda. Siapa tahu akan membuat Anda dan pasangan jadi lebih mesra.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ciuman bibir membantu pasangan untuk berbagi berjuta-juta bakteri, menopang sistem kekebalan tubuh, dan membuat kita lebih baik melawan penyakit, kata para ahli dan penulis buku tersebut dikutip DailyMail.

Baca Juga
Jangan Dibuang Dulu, Ini Manfaat Ampas Teh Celup
Biasakan Bersyukur dan Berterima Kasih, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan
17 Tipe Ciuman dan Maknanya yang Banyak Belum Diketahui Orang, Nomor 8 Paling Erotis

Berciuman selama 10 detik, ada sekitar 80 juta bakteri yang ditransfer dari mulut ke mulut. Beberapa orang mungkin berpikir ini agak jorok, tapi faktanya, Anda akan lebih mudah sakit lewat kontak yang tidak intim, seperti bersalaman dengan orang lain, kata para ahli.

Next…