Ilustrasi komedo

MANAberita.com — KOMEDO dapat berbentuk bintik hingga benjolan berwarna putih (whitehead) atau hitam (blackhead). Jika berjumlah cukup banyak, tentu berisiko mengganggu penampilanmu.

Meski umumnya tidak berbahaya, komedo bisa menjadi salah satu masalah yang membandel dan sulit diatasi. Tapi jangan sedih, berikut bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan komedo.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo

Loading...

1 Masker Putih Telur

Bau putih telur mungkin tidak menyenangkan, tapi bahan alami ini kaya nutrisi dan dikenal mampu menghilangkan komedo. Kamu bisa menggunakannya sendiri atau bersama madu.

Bila hanya ingin menggunakan putih telur saja, berikut caranya:

Bersihkan wajah dengan sabun dan keringkan

Oleskan putih telur (cukup dari sebutir telur) ke area komedo dan tunggu hingga kering (lapisan pertama)

Oleskan lagi putih telur untuk membuat lapisan kedua dan tunggu hingga kering
Oleskan lagi putih telur untuk membuat lapisan ketiga dan biarkan selama 15 menit

Bersihkan masker putih telur dengan menggosokkan kain basah yang sudah dicelup air hangat

Sedangkan untuk penggunaan putih telur dan madu, berikut caranya:

Siapkan putih telur (boleh dari 1 atau 2 telur)
Tambahkan satu sendok madu dan aduk merata

Oleskan campuran tersebut ke area komedo, biarkan sekitar 30 menit dan bilas dengan air hangat

2 Buah Stroberi

Efek pijatan wajah dengan pasta campuran stroberi dan madu dapat memberikan efek yang sama dengan campuran sereal gandum dan madu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lakukan tiap minggu, ya.

3 Perasan Jeruk Lemon

Kamu cuma perlu menyiapkan satu buah kapas khusus kulit wajah dan sebuah jeruk lemon. Peras buah lemon dan tampung di mangkuk. Celupkan kapas dan oleskan perlahan-lahan pada area wajah yang terdapat komedo. Diamkan selama sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Selain dapat membersihkan kehadiran minyak berlebihan pada wajah, perasan jeruk lemon juga akan memicu pertumbuhan sel-sel baru sehingga menjadikan wajahmu terlihat segar. Kamu bisa lakukan tiap hari sebelum tidur selama dua bulan ke depan.

4 Perasan Jeruk Lemon dan Gula + Madu

Perasan jeruk lemon juga bisa dijadikan cara menghilangkan komedo secara alami yang efektif dengan dicampurkan satu sendok gula pasir dan satu sendok madu. Oleskan campuran ketiga bahan alami ini pada wajah dan pijat-pijat melingkar secara perlahan-lahan. Diamkan selama lima menit sebelum kamu bersihkan dengan kain basah.

Lakukan 1-2 kali seminggu pada hari yang sama untuk mendapatkan wajah segar yang bersih dari kotoran dan minyak yang berlebihan.

5 Menggunakan Baking Soda

Kamu bisa ambil baking soda dengan sendok kecil. Campurkan dengan sedikit air dan aduk-aduk hingga membentuk pasta yang kental. Oleskan pada hidung, pelipis, dagu, dahi atau area wajah yang terdapat komedo. Diamkan untuk beberapa menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara menghilangkan komedo secara alami ini tiga kali seminggu.

Baca Juga
Wajahmu Kering? Bisa Jadi 5 Hal ini Penyebabnya
Cara Makeup yang Membuat Pori-Pori Membesar
Agar Secantik Artis, Ikuti Ritual Kecantikan ini Setiap Harinya

Mengoleskan campuran baking soda dengan air akan memberikan efek pengelupasan alami terhadap permukaan kulit yang tertempel kotoran, minyak, atau sel-sel kulit mati.

Banyak yang belum tahu, menghilangkan komedo secara alami juga perlu didukung oleh diet yang sehat juga, lho. Mulai sekarang, kurangi konsumsi minyak dan makanan yang digoreng, serta tambahkan lebih banyak sayur dan buah dalam menu makanmu. Terakhir, banyak minum air putih tiap hari. Selamat mencoba! (Alz)