MANAberita.com – NUR Kalim Guru honorer di SMP PGRI Wringinanom, Gresik, Jawa Timur yang namanya mendadak terkenal karena kelakuan siswanya yang menantang dia berkelahi.

Loading...

Kesabaran dan kelembutan Nur Kalim menghadapi siswanya tersebut menuai pujian dari berbagai pihak.

Walau di sisi lain, warganet pun menyayangkan kenyataan bahwa gaji Nur Kalim hanya 450 ribu perbulan. Cukupkah?

Dengan nominal tersebut, gajinya setiap bulan tentu jauh dari cukup untuk menghidupi kebutuhan sehari-harinya. Hal itu mengacu pada upah minimum di Gresik sekitar Rp 3 juta per bulan.

“Harusnya nggak cukup untuk Rp 450 ribu kalau upah minimum Rp 3 juta ya, itu cuma seperlima soalnya,” kata dia, Senin (11/02).

Dilansir dari detikfinance, selain itu, ia menyoroti besaran upah minimum hanya memiliki komposisi untuk sandang, pangan dan papan. Sedangkan untuk biaya transportasi lain lagi.

“Kan upah minimum itu sudah memperhitungkan biaya hidup minimum. Masih masuk di akal nggak? Ini baru biaya hidup bukan transportasi. Upah minimum regional itu hanya sandang, pangan, papan. Transportasi belum dihitung,” sambung dia.

Baca Juga
HMI Penentu Arah Kiblat Umat dan Bangsa
Pantesan Meldi Kebelet Jadi Artis! Ternyata Segini Penghasilan Menyanyi Dewi Perssik Perbulan
Membongkar Kebusukan Aridha Persada, Travel yang Menipu dan Menelantarkan Jamaahnya di Mekkah

Nur Kalim bersama pengajar lainnya

Walaupun begitu, ia juga ingin memastikan waktu pekerjaan yang dilakukan oleh Nur Kalim. Sebab, besaran gaji guru honorer tergantung dari waktu jam kerjanya.

“Kalau cuma 10 jam per bulan ngajar cuma satu kelas maka angka itu (Rp 450.000) kemahalan karena jumlahnya (jam ngajar),” tutup dia