Ilustrasi

MANAberita.com — PEREMPUAN berinisial ECK (45), warga Kota Malang, Jawa Timur begitu tega pada temannya sendiri. Saat kartu ATM karibnya terjatuh dari dompet, tidak memberi tahukan kepada pemiliknya, tetapi justru menguras isinya.

Uang Rp 13 juta di dalam ATM milik RAS (45) dia kuras. ECK awalnya hanya mengambil uang tunai Rp 4,9 juta, namun karena dianggap pemiliknya tidak tahu akhirnya keseluruhan uang dalam ATM secara bertahap terkuras habis.

Loading...

“Pelaku menemukan nomor PIN tertulis di belakang kartu ATM, sehingga dengan mudah mengambil dan menguras uang tunai di dalamnya sebesar hingga total Rp 13 juta,” kata Kasat Reskrim Polres Malang Kota, AKP Komang Yogi Arya Wiguna, mengutip Merdeka.com.

Awalnya pelaku bertemu di rumah korban di Jalan Agung Suprapto, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Saat itulah, pelaku melihat kartu ATM terjatuh di lantai tanpa disadari oleh korban.

Tetapi pelaku memilih mendiamkan sementara dan membiarkan pemiliknya meninggalkan ruang tamu. Saat RAS ke belakang untuk sebuah keperluan, kartu itu diambil dan disimpan. Pelaku melihat tercantum angka yang diduga PIN kartu ATM tersebut.

Ketika pulang dari rumah korban, pelaku mampir untuk ngecek isi ATM di Jalan Tawangmangu, Kota Malang. Ternyata angka di belakang memang benar nomor sandi karta itu.

Secara bertahap, pelaku mengambil uang di ATM dari awalnya Rp 4,9 juta hingga keseluruhan Rp 13 Juta. Uang tersebut dipergunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari, perhiasan emas dan membayar utang.

Hasil pemantauan CCTV, pelaku mengambil uang di lima lokasi ATM yang berbeda. Uang dalam ATM juga belum keseluruhan terambil, lantaran jumlah keseluruhan sebanyak Rp 17 Juta.

“Pelaku masih menyisakan Rp 4 Juta dan kartunya dibuang,” ucapnya.

Baca Juga
Awalnya Mengira Sakit Perut, Dokter Kaget Ada 7 Sendok Baja di Lambung Pria Ini
Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget
Sebelum Ditabrak, Penonton ‘Surabaya Membara’ Sempat Lempari Kereta Api Menggunakan Kerikil

Tersangka ditangkap di rumahnya, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Senin (18/3). Barang bukti yang diperoleh dari pelaku uang tunai Rp 800 Ribu, sepasang anting emas hasil pembelian menggunakan uang curian tersebut.

Pelaku dijerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (Alz)