Ilustrasi

MANAberita.com — SUDAH menikah cukup lama dan masih belum dikaruniai momongan, ini akan menjadi sebuah beban pikiran jika ditanyai oleh teman ataupun kerabat. Seorang wanita akan cenderung merasa bersalah jika tidak hamil, apalagi sudah lama menikah.

Ketidaksuburan bisa menjadi faktor susahnya kehamilan, walaupun secara rutin berhubungan. Infertilitas atau ketidaksuburan terjadi karena adanya permasalahan pada proses kehamilan, seperti terganggunya proses ovulasi.

Terganggunya ovulasi penyebab utamanya yakni polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau ketidakseimbangan hormon dan kondisi primary ovarian insufficiency (POI).

Loading...

Penyebab lain yakni penyakit radang panggul, endometriosis, operasi kehamilan ektopik, kelainan pada uterus, dan juga benjolan jinak di dinding rahim (uterine fibroid).

Selain itu juga penyebab infertilitas seperti merokok, minum beralkohol, stres, kurang gizi, aktivitas berat, berat badan kecil, berat badan besar, dan mengidap penyakit menular seksual. Maka untuk mengetahuinya perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis. (Ila)

(Sumber: mediajabar.com)

Baca Juga
Alhamdulillah! Terus Berjuang Meskipun Sempat Gagal, Tya Ariestya Akhirnya Hamil Anak Kedua
Mom! Begini Loh Caranya Menyusui Saat Puting Sedang Lecet
Haram Hukumnya! Jangan Makan Makanan ini Saat Sedang Menstruasi Jika Tak Ingin Bermasalah