Ilustrasi

MANAberita.com — PERNAKAH Anda mengalami sleep paralysis? Atau bahasa yang lebih akrabnya adalah ketindihan. Setiap manusia di dunia ini sepertinya pernah mengalami fenomena ini ketika sedang tertidur. Yang pasti, hal itu sangatlah mengganggu.

Sleep paralysis atau ketindihan erat sekali kaitannya dengan hal yang berbau mistis. Ada yang bilang ketika tertidur ada mahluk halus yang sedang menindih badan kita. Atau yang lebih ekstrim, makhluk halus tersebut tengah memeluk tubuh kita hingga sulit digerakan.

Sebenarnya jika ditilik dari sisi medis, fenomena sleep paralysis yang dialami oleh tubuh diakibatkan karena mekanisme otak dan tubuh timpang tindih tidak selaras. Hal itu membuat kita tersentak ingin bangun saat posisi masih tertidur.

Loading...

Ketindihan juga bisa jadi dikarenakan oleh faktor genetik. Jam tidur yang tidak teratur atau berantakan, stres, kebanyakan begadang juga jadi beberapa faktor yang bisa menyebabkan Anda mengalami ketindihan.

Lantas apa yang harus dilakukan ketika sedang mengalami ketindihan? Mengutip hellosehat.com, ketika Anda tengah mengalami sleep paralysis, hal yang bisa Anda lakukan adalah menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya dengan sangat keras. Kemudian coba memaksa untuk bergerak, seperti menggerakan ujung jari tangan/kaki. (Alz)

(Sumber: Winnetnews)

Baca Juga
Daerah V Kamu Gelap? Cerahkan Dengan 7 Cara ini Yuk
Kenali Penyakit PCOS, Gangguan Hormon yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil
Mengenal Kanker Paru-Paru yang Merenggut Nyawa Istri Indro Warkop, Ternyata dari Asap Rokok!