Tuman

MANAberita.com — BEBERAPA hari belakangan ini ada sebuah gambar meme dengan karakter botak yang sedang menampar temannya sembari mengucap TUMAN.

Ya, saat ini media sosial sedang diramaikan dengan meme tuman tersebut. Warganet pun berlomba-lomba untuk berkreasi membuat meme tuman dengan berbagai macam topik.

Yang membuat meme tuman ini menarik adalah kata-kata dan ceritanya yang selalu menggunakan tuman dan menampar temannya.

Loading...

Nah, sebenarnya apa arti tuman? Lalu, apa kaitannya tuman dengan menampar seseorang?

Mengutip Sastrawacana, tuman adalah istilah Jawa yang memiliki banyak makna, namun berkaitan dengan sifat. Mudahnya, tuman bisa diartikan sebagai sebuah kebiasaan (tingkah laku).

Menurut Kbbi, tuman adalah:

2tu·man a menjadi biasa (suka, gemar, dsb) sesudah merasai senangnya, enaknya, dsb: agar tidak — berbuat begitu, hajarlah ia kalau kebetulan ketahuan sedang berbuat

Jadi, tuman adalah sebuah umpatan atau ungkapan kesal yang ditujukan kepada seseorang karena tingkah laku atau kebiasaan buruknya.

Sebagai contoh, ada seseorang yang suka berbohong. Maka untuk menegur dan memarahinya, kita bisa menggunakan kata tuman.

Biasanya kata tuman diucapkan bersamaan dengan gerakan fisik, seperti menjewer atau mencubit yang tujuannya untuk memberikan efek jera.

Misalnya seorang ibu yang kesal ketika anaknya selalu nangis ketika dimandikan, maka ibu tersebut akan mengucapkan “tuman” sembari menjewet atau mencubit anaknya.

Maka dari itu meme tuman menggunakan gambar menampar. Itu adalah sebuah simbol atau bentuk kekesalan terhadap sesuatu yang diulang-ulang atau kebiasaan buruk.

Dalam istilah lain, tuman juga bisa berarti keras kepala. Di mana seseorang memiliki sifat keras kepala dan angkuh tanpa mau mendengar masukan dari orang lain.

Orang yang keras kepala memang sangat menyebalkan sehingga butuh pelajaran untuk membuatnya kapok.

Tapi tidak selalu menampar, ya. Tuman juga bisa dilakukan tanpa gerakan fisik, tapi hanya gestur saja.

Baca Juga
Wow! Siswa Bawa Bayi Saat Ujian, Guru Rela Gendong Hingga Tertidur
4 Fakta Siswa SMA Taruna Indonesia Palembang yang Tewas Saat MOS
Tega! Bagaikan Anak Kucing, Bayi Laki-Laki ini Dibuang di Semak-Semak Oleh Orang Tuanya

Misalnya mengucapkan tuman sambil melotot atau menunjukkan mimik muka kesal/marah.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang arti tuman yang lagi viral belakangan ini. Sekarang sudah tahu kan apa arti tuman? (Dil)