Ilustrasi

MANAberita.com – DI era modern yang serba sibuk ini, banyak orang kerap mengeluhkan masalah pola tidur tak teratur. Ada yang kesulitan merilekskan diri sehingga mereka tidur terlalu larut yang akhirnya berdampak pada bangun kesiangan. Bahkan ada juga yang mengaku tak bisa tidur sama sekali meski sibuk beraktivitas.

Padahal saat tidur, seluruh tubuh dan organ-organ pentingnya beristirahat dan memperbaiki sistem. Dan kini, hasil penelitian terbaru menyebutkan pola tidur tak teratur bisa membuat Anda mati lebih cepat.

Mengutip Suratkabar, menurut riset yang diterbitkan dalam the journal Chronobiology International, pola tidur relawan yang berjumlah sekitar 433 ribu orang telah diteliti selama 6,5 tahun.

Loading...

Dari hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa mereka yang cenderung aktif di malam hari mengalami peningkatan risiko kematian sebanyak 10 persen, dibandingkan dengan mereka yang punya pola tidur normal.

Kendati para periset tak menemukan penyakit spesifik yang diderita, namun mereka mengungkapkan peserta penelitian yang aktif di malam hari berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular dan jenis kanker tertentu. Contohnya seperti kanker prostat dan payudara.

Peneliti dari Sekolah Kedokteran Feinberg di Northwestern, Kristen Knutson mengatakan mereka yang punya pola tidur tak teratur cenderung menderita diabetes, serta gangguan psikologis, pencernaan, pernapasan dan saraf.

Para peneliti menyebutkan bahwa faktor genetik dan lingkungan menjadi salah satu penyebab seseorang jadi punya pola tidur yang tidak teratur. Itulah sebabnya penting bagi orang untuk pergi ke luar rumah dan beraktivitas di pagi hari. Karena dengan perbaikan yang demikian, pola tidur yang tidak benar bisa dikoreksi.

Baca Juga
4 Tanda Bahwa Pasanganmu Tidak Bahagia dalam Hubungan Ini
Gampang! 4 Hal Ini Bikin Mantan Rindu dan Menyesal Tinggalkan Kita
Helm Kehujanan dan Bau Apek? Atasi Dengan Cara Ini

Tak hanya itu, jika ingin mendapatkan pola tidur yang lebih baik, sebaiknya terapkanlah pola hidup sehat. Sadarilah betapa pentingnya waktu tidur yang benar untuk tubuh Anda.

Kristen Knutson beserta koleganya mengungkapkan, perilaku dan lingkungan sosial dapat membantu mengatasi masalah di zaman modern ini. Salah satunya yakni seperti pengusaha yang dapat mengatur jam kerja karyawannya sedemikian rupa, sehingga tidak mengganggu jam tidur mereka di malam hari. (Alz)