MANAberita.com – SAAT mengalami patah hati atau putus cinta, banyak orang mengaitkan hal ini dengan perasaan sedih, trauma, kehilangan, atau bahkan kesepian. Padahal selain masalah perasaan, patah hati juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, lho.

Apa saja sih beberapa bagian tubuh manusia yang akan menanggung akibat buruk akibat patah hati? Melansir dokter.id, ini lima hal yang akan terjadi:

1. Perut Apakah perut Anda terasa mulas saat mendengar ajakan putus dari pasangan Anda? Hal ini dikarenakan rasa stres yang Anda rasakan memicu kenaikan asam lambung di dalam perut.

Selain itu, otak pun akan segera mengirimkan sinyal rasa kenyang sehingga Anda pun tidak lagi merasa lapar dan tidak nafsu makan.

2. Rambut Dalam perkembangannya, folikel rambut akan mengalami suatu fase istirahat di mana rambut akan berhenti bertumbuh untuk sementara. Saat stres, fase ini akan menjadi lebih panjang dan yang lebih parahnya lagi adalah Anda juga dapat mengalami rambut rontok.

3. Otak Pada saat Anda merasa stres karena diputuskan oleh sang kekasih, maka hal ini akan memicu suatu bagian somatosensorik di dalam otak, yang akan menyebabkan munculnya berbagai gejala tidak mengenakkan di dalam tubuh Anda seperti badan terasa pegal, nyeri otot, dan berbagai rasa tidak nyaman lainnya pada tubuh.

4. Hormon Saat stres, maka kadar hormon stres atau kortisol dan kadar hormon adrenalin pun akan meningkat. Hal ini tentu saja dapat memicu terjadinya peningkatan tekanan darah, yang dapat berdampak buruk pada Anda yang memang telah menderita tekanan darah tinggi dan orang yang sudah berusia lanjut.

5. Tingkatan sistem kekebalan tubuh Mendengar kata ‘putus’ juga dapat memicu sistem kekebalan tubuh Anda untuk bekerja secara berlebihan, yang akan meningkatkan reaksi radang di seluruh tubuh.

Baca Juga
7 Cara Mengatasi Telinga Tersumbat yang Ampuh dan Mudah
Wow! Selain Enak dan Menyehatkan, Minuman ini Ternyata Juga Bisa Menggemukan Badan
Wajib Tahu, 5 Tanda Anda Hamil Bayi Kembar

Selain itu, karena sistem kekebalan tubuh tidak dapat bekerja dengan baik, maka Anda pun dapat mengalami demam dan meriang.

Jadi apabila Anda yang masih merasa sedih dan stres karena patah hati, kembalikan semangat dengan melakukan berbagai hal positif seperti menyibukkan diri dengan berbagai hobi atau kegiatan lain.