Wanita nekat menelan tulang ayam tanpa dikunyah

MANAberita.com — MENURUT keyakinan sebagian masyarakat Tiongkok, makan tulang ayam bisa membantu menambahkan kalsium.

Itulah yang terbesit di pikiran seorang wanita asal Tiongkok bernama Yan Ayi (69 nama samaran) dimana dia sering makan tulang ayam kecil, untuk menambah kalsium.

Dia memotongnya menjadi bagian kecil kemudian memakannya pada malam hari, gagasan ini diyakini berasal bahwa kalsium berakar pada tulang, maka dengan memakannya langsung akan menambah kalsium.

Melansir Hanzhou News pada Rabu (19/06) suatu ketika sebuah tragedi terjadi, ketika dia makan tulang ayam tiba-tiba tulang itu macet di tenggorokannya.

Kemudian tanpa berpikir panjang dia mengambil cuka dan meminumnya, berharap tulang itu melunak dan bisa tertelan.

Keesokan harinya kondisinya masih sama dan tulang masih tersangkut di tenggorokannya, kemudian dia pergi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis.

Dokter kemudian mengeluarkan tulang ayam tersebut dari tenggorokannya, namun itu bukan insiden sesungguhnya. Sepuluh hari kemudian dia mengalami demam tinggi.

Merasakan sakit pada lehernya, setelah melakukan perawatan konservatif di rumah sakit, kondisinya semakin memburuk dalam sebulan dia kehilangan sepuluh kilogram.

Melihat kondisi fisik Yan Ayi semakin memburuk, keluarganya memutuskan membawanya ke Rumah Sakit Ortopedi di Shaoyifu yang berafiliasi dengan Universitas Zhejiang.

Kemudian, Profesor Zhao Fengdong yang menangani penyakitnya mencoba meneliti kondisi Yan Ayi, dan menemukan dua vertebrata serviks Yan Ayi sangat buruk.

Kondisinya serius, kemudian setelah dilakukan pemindaian X-Ray Serviks, CT dan MRI untuk Yan Ayi juga dilakukan endoskopi untuk membuat esofagoskopi untuk Yan Ayi.

Rupanya, Yan Ayi menderita Infeksi purulen yang parah.

Pada gambar-gambar tersebut terlihat, tulang vertebrata serviks dan cakram intervertebralis di bagian bawah milik Yan Ayi begitu buruk.

Tulang lehernya bengkok, dan yang menakutkan adalah, tabung yang membungkus sumsum tulang belakang di belakang tubuh vertebral dipenuhi nanah. Dan sangat memungkinkan akan menyebakan kelumpuhan bahkan kematian.

Untungnya, luka di kerongkongan yang ditusuk oleh tulang ayam Yan Ayi telah sembuh, dan kemungkinan regenerasi kerongkongan sangat kecil.

Karena kondisinya sangat kritis, untuk mencegah asbes dari perluasan saraf kompresi yang menyebabkan kelumpuhan di bawah naungan Profesor Fan Shunwu dari Departemen Ortopedi.

Seluruh departemen melakukan diskusi mengkaji kasus penyakit Yan Ayi, kemudian melakukan pengangkatan lesi tulang belakang leher anterior fusi tulang iliaka autogus, fiksasi internal plate.

Setelah melakukan operasi, suhu tubuh Yan Ayi kembali normal dan indeks infeksi membaik, namun dia kesulitan makan setelah cedera.

Menurut keterangan, infeksi supuratif serviks pasien ini disebabkan benda asing yang disebabkan perforasi kerongkongan. Kasus semacam ini sangat jarang.

Baca Juga
Wow! Tak Hanya Tampan dan Cantik, Deretan Artis Korea ini Ternyata Beragama Islam
Pernikahan Kriss Hatta dan Hilda Vitria Dinyatakan Sah, Nikita Mirzani Justru ‘Nyinyiri’ Kata ini
Mengaku Ada Kepuasan Tersendiri, Pelaku ‘Pamer’ Kemaluan di Mojokerto Ditangkap

Hanya ada beberapa laporan di Tiongkok dengan kondisi ini, tulang ayam yang ditelannya menembuh dinding belakang esofagus, tepat di depan leher 6 dan leher 7 tubuh vertebral dan kemudian bakteri memakannya.

Tubuh akan berlipat ganda dan secara bertahap akan menghancurkan vertebral dan cakram intervertebralis. (Alz)