Singkong crispy ala KFC

MANAberita.com – SINGKONG salah satu makanan yang tak asing bagi masyarakat Indonesia. Di beberapa daerah bahkan jenis umbi ini dijadikan makanan pokok pengganti nasi.

Sebagai salah satu sumber karbohidrat singkong kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan, misalnya getuk, timus, lemet, hingga berbagai jenis kue basah yang memanfaatkan tepung singkong.

Meskipun terkenal dengan olahan tradisionalnya, ternyata singkong juga bisa dijadikan camilan kekinian. Belakangan jajanan seperti singkong goreng topping keju, hingga singkong bumbu pedas banyak diserbu kawula muda. Yang terbaru berseliweran di media sosial, yaitu singkong diolah mirip ayam goreng tepung ala KFC. Bagaimana rasanya?

Mungkin jika dibayangkan, karbo versus karbo. Tapi jangan salah lho, dengan tekstur singkong yang empuk dan lembut, keduanya akan blend sehingga berpadu dengan renyahnya tepung. Apalagi rasanya yang gurih cocok dipadukan dengan berbagai macam topping manis atau asin seperti parutan cokelat, keju, atau bumbu bubuk balado pedas. Hmm, pasti menggugah selera.

Penasaran pengin coba? Dilansir dari Viva.co.id, berikut ini resep yang bisa Anda coba.

Baca Juga
Raup Omset Jutaan Rupiah, Bisnis Kue Rumahan ‘Dapoer Nada’ Ternyata Terinspirasi Dari Hal Sederhana ini
Resep Air Nabeez, Infused Water Favorit Rasulullah yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Menyusui
Resep Sate Taichan yang Enaknya Kelewatan!

Bahan-bahan:

  • Singkong 500 gram yang dipotong-potong bentuk stik
  • Tepung terigu 500 gram
  • Air secukupnya
  • 1 sendok teh (sdt) garam
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt Vanili
  • 2 sendk makan (sdm) susu bubuk?

Cara memasak

  1. Goreng singkong sampai setengah matang
  2. Setelah diangkat saat masih panas, langsung rendam singkong dengan air dingin dan garam. Rendam sampai mekar (berapa lama merendamnya tergantung kualitas singkong).
  3. Campur dan aduk semua bumbu kering dan tepung.
  4. Tiriskan rendaman singkong, dan baluri singkong dengan tepung.
  5. Celupkan ke air dan baluri lagi dengan tepung.
  6. Setelah dibaluri rata, goreng singkong hingga matang kecokelatan. Singkong goreng tepung KFC siap untuk disajikan dengan berbagai topping. (Dil)