MANAberita.com — KEBIASAAN membawa ke kamar mandi memang tidak baik. Besar kemungkinannya kamu keluar kamar mandi dengan yang basah karena masuk ke dalam bak mandi atau terkena air dari shower.

Langkah penyelamatan pertama yang harus kamu lakukan adalah cepat-cepat mengambilnya dari dalam air. Semakin lama ia terendam, semakin cepat pula air masuk ke dalamnya.

Namun tidak cukup sampai di situ. Di tahap ini, kesayanganmu masih membutuhkan upaya penyelamatan selanjutnya. Ikuti cara berikut ini.

  1. Matikan handphone dengan segera

Besar kemungkinannya masuk ke dalam air dalam keadaan menyala. Jika iya, matikan dengan segera. Kalau sudah mati, jangan coba-coba langsung mengaktifkannya.

Hal ini akan memperparah keadaan. Ini karena listrik dan air tidak bisa menyatu. Semakin besar aliran listrik di dalam , semakin besar pula kemungkinan untuk terjadi korsleting.

  1. Keluarkan semua komponen dari dalam handphone

Setelah itu, keluarkan SIM card dan micro SD dari tempatnya. Jika kamu memiliki model lama, keluarkan baterainya juga. Keringkan semua komponen itu dengan handuk atau tisu. Kemudian sebisa mungkin keringkan bagian dalam slot sampai air di dalamnya tidak tersisa lagi.

  1. Masukkan handphone ke dalam beras

Kamu pasti sudah cukup familier dengan cara ini. Jika kamu sudah mencoba mengeringkan dengan handuk atau tisu, langkah berikutnya adalah dengan menguburnya di dalam beras. Ini karena beras sangat baik dalam menyerap air.

Pastikan semua bagian terselimuti. Biarkan selama dua hingga tiga hari. Kamu bisa membolak-balik setiap jam untuk memastikan agar air terserap dengan sempurna.

  1. Gunakan silica gel

Jika kamu memiliki silica gel dengan jumlah yang cukup banyak, kamu bisa coba menggunakannya sebagai ganti beras. Taruh satu paket silica gel di setiap sisi , terutama di bagian yang berpotensi besar dimasuki air. Biarkan selama dua hingga tiga hari agar air terserap sepenuhnya olehnya.

  1. Menggunakan pasir kucing

Kamu memiliki kucing di rumah? Kamu bisa meminjam pasirnya yang masih bersih untuk menghilangkan air dari dalam .

Untuk bisa menyelimuti semua sisi, kamu membutuhkan setidaknya empat cangkir pasir atau setara dengan 950 mililiter. Tuangkan pasir di dalam baskom, taruh -mu di dalamnya dan diamkan.

  1. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan

Ada beberapa hal sebaiknya tidak kamu lakukan saat masuk ke dalam air. Berikut ini daftarnya:

Jangan memencet tombol apa pun;

Jangan menyambungkannya dengan charger;

Jangan meniupnya agar air tidak semakin masuk ke dalam;

Jangan menggunakan hair dryer;

Jangan terlalu banyak menggerakkan .

  1. Solusi pencegahan yang bisa dilakukan

Solusi pencegahan pertama tentunya menghindarkan dari air. Jangan bawa saat kamu sedang di kamar mandi, dekat kloset, dan wastafel. Jauhkan juga saat kamu sedang mencuci baju dan piring. Solusi berikutnya yang bisa kamu coba adalah memakaikan case waterproof saat akan membawa ke tempat yang berair.

Baca Juga
Kamera Ponselmu Biasa Tapi Pengen Memotret Hantu yang Asli? Tenang, Ikuti Cara ini
Yang Belum Punya Tahan Dulu, Sebentar Lagi iPhone Banting Harga
Matikan Fitur ini dari Whatsapp-mu, Kuotamu Bisa Hemat Hingga Berlipat-Lipat

Jika langkah-langkah di atas tidak bisa menormalkan -mu kembali, segera bawa ke service center yang terpercaya. Selamat mencoba! (Alz)

(Sumber: IDNTimes)